Detail Engineering Design (DED) pada perencanaan bangunan Masjid Agung Batamcentre.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Masjid Agung Batamcenter akan direnovasi oleh Pemko Batam pada tahun ini. Perubahannya diperkirakan mencapai 70 sampai 80 persen. Pekerjaannya diperkirakan selesai 2024.

“Saat ini sudah masuk dalam tahap lelang dan direncanakan dalam waktu dekat pekerjaanya sudah dapat dimulai,” ujar Walikota Batam, Muhammad Rudi, Senin (3/1).

Rudi mengatakan ada beberapa solusi nanti yang akan diambil, agar pekerjaannya tetap berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditargetkan.

“Sekarang masih kita susun, kalau kubahnya dibuka otomatis ibadah tidak bisa. Ini yang sedang kita bahas bagaimana dalam proses pembangunannya, tidak mengganggu ibadah di Masjid Agung,” kata Rudi.

Dikatakan Rudi, solusi agar pekerjaan agar berjalan lancar. Pertama menutup habis masjid dari pelaksanaan ibadah. Kedua tetap bisa beribadah, namun harus diatur agar pelaksanaan tidak molor dari waktu yang sudah ditetapkan.

“Kalau saya maunya tetap bisa ibadah. Jadi nanti pengerjaanya yang diatur. Misalnya dibagi pengerjaan sebelah mana dulu, agar ibadah tetap berjalan. Nanti akan ada pembahasan dari MUI,” katanya.

Menurutnya desain masjid dibuat dengan gaya lebih modern. Nantinya tempat wudhu akan dibuat di bawah tanah dengan konsep yang lebih nyaman bagi umat.

“Jadi nanti tempat wudhunya di bawah, biar jemaah nyaman,” ujarnya.(mc/red)