Laga final PSBP Batam vs Atibe FC dengan hasil akhir 2-0 di Lapangan Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning. Foto: BatamLagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan menggelar Batam Sportourism 2021 di Temenggung Abdul Jamal, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Muka Kuning, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, Kepulauan Riau, dari tanggal 4 hingga 5 Desember 2021. Kegiatan ini rangkaian Hari Bakti BP Batam ke-50. Tim Persatuan Sepakbola Badan Pengusahaan Batam atau PSBP Batam jawara.

Serangkaian kegiatan yang digelar antara lain, Sport Competition, E-Sport Competition, Fun Bike, Fun Run, Singing Competition dan Fashion Show serta Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala BP Batam yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan menyampaikan dalam sambutannya, pelaksanaan kegiatan Batam Sportourism 2021 bersempena dengan Hari Bakti BP Batam ke 50 Tahun, dimana rangkaian kegiatan ini sudah dimulai pada bulan Oktober dan akan berakhir pada bulan Desember 2021.

“Batam Sportourism 2021 ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Bakti BP Batam ke 50 tahun. Pada tahun ini memang spesial, karena cukup banyak kegiatan yang kita laksanakan sejak bulan Oktober lalu,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kembali salah satu aset yang dimiliki oleh BP Batam dalam mendukung dunia olahraga yaitu Pusat Olahraga Temenggung Abdul Jamal, yang mana selama hampir 2 tahun gedung ini tidak kita gunakan secara optimal karena pandemi Covid-19.

“Sehingga dengan diselenggarakannya Batam Sportourism 2021 hal ini dapat menjadi milestone baru untuk kembali menggairahkan dunia olahraga di Kota Batam,” ujar Binsar Tambunan.

Para pemain PSBP Batam.

Dalam kesempatan tersebut Manager Divisi Komersial BP Batam, Soetarno Dwi Karaya selaku Ketua Panitia Batam Sportourism 2021, menyampaikan antusias serta keikutsertaan masyarakat Batam dalam kegiatan Batam Sportourism 2021.

“Antusias masyarakat Batam dalam mengikuti kegiatan ini sangat baik, sampai saat ini sudah ada 65 stand Bazar Kuliner dan non Kuliner yang ikut meramaikan kegiatan Batam Sportourism 2021,” paparnya.

Lanjutnya, pada cabang olahraga pertandingan Bola Voli Putra terdapat 5 tim dan Voli Putri 4 tim, pertandingan Sepak Bola diikuti oleh 8 tim dengan penyisihan sistem gugur, pada perlombaan E-Sport ada 2 perlombaan yaitu, Mobile Legend sebanyak 12 tim dan PUBG 16 tim.

“Serta masih akan terus bertambahnya peserta pada kegiatan lainnya seperti Singing Competition, Fashion Show, Fun Bike dan Fun Run yang akan dilaksanakan pada hari minggu 5 Desember 2021,” kata Soetarno Dwi Karaya.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, Binsar Tambunan berharap, keberadaan pusat olahraga Temenggung Abdul Jamal ini ke depannya akan semakin diminati oleh masyarakat Batam, dan bisa memberikan kontribusi untuk kesehatan dan pembangunan Kota Batam.

Turut hadir dalam kegiatan, Direktur Badan Usaha Bandar Udara BP Batam, Amran; GM Unit Usaha Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman BP Batam, Herawan; dan Manager Divisi Operasional dan Pemeliharaan BP Batam, Juhardi.

Sementara itu, pantauan di lapangan, Tim Persatuan Sepakbola Badan Pengusahaan Batam atau PSBP Batam keluar sebagai juara dalam iven ini. Dalam laga final yang digelar Minggu (5/12), tim PSBP Batam berhasil menumbangkan Atibe FC dengan skor 2-0.

Di setiap permainan, para penonton dibuat terkesima dengan penampilan PSBP Batam. Pasalnya, tim ini memakai skema cukup rapi, sehingga membuat lawan tandingnya tidak berkutik. Dalam tiga laga yang dilalui, gawang PSBP Batam juga belum kemasukan gol.

“Saya salut lihat permainan PSBP Batam, rasanya seperti nonton di televisi saja. Mantap,” ujar seorang penonton di tribun VIP.(*/srd)