Pintu masuk kuburan di Sei Temiang, dari arah Marina. Foto: BatamLagi.com.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Lahan kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) muslim di Sei Temiang, Kecamatan Sekupang mulai penuh. Karena itu, Yayasan Khairul Ummah Madani, pengelola pemakaman telah melakukan imbauan kepada ahli waris.

“Kami sudah kebingungan, padahal setiap hari pasti ada pemakaman dengan jumlah 4 hingga 5 jenazah,” ujar Zailani, Sekretaris Yayasan Khairul Ummah Madani.

Dikatakannya, pihaknya sudah keluarkan surat imbauan, agar ahli waris yang memiliki makam keluarga di TPU Seitemiang melakukan registrasi ulang mulai tanggal 1 Desember 2021 hingga 28 Februari 2022.

“Jika dalam tenggang waktu yang diberikan itu ahli waris tidak melakukan registrasi ulang, maka makam yang sudah bertahun-tahun tak diurus oleh ahli waris akan ditimpa,” ungkapnya.

Dijelaskan Zailani, hal itu dilakukan karena memang persediaan lahan pemakaman sudah sangat kritis.

“Lahan yang tersisa hanya bisa bertahan seminggu kedepan. Untuk mengakalinya, pengelola akan melakukan sistim sisip di lahan yang tersisa. Walaupun dilakukan sistim menyisip, tapi sisa lahan hanya bisa menampung sekitar 30-an jenazah,” paparnya.(*/red)