Nyamuk Aedes aegypti.

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Dinas Kesehatan Provinsi Kepri (Dinkes Kepri) meminta seluruh masyarakat Kepri untuk mulai waspada penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Karena saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan di seluruh wilayah di Provinsi Kepri.

“Saat ini masyarakat juga harus waspadai penyakit DBD, karena sudah masuk musim hujan dan waktu perkembang biakan nyamuk Aedes Aegypti sebagai pembawa penyakit DBD ini,” jelas Muhd Bisri, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Kamis (18/11).

Dikatakan Bisri, meskipun hingga saat ini dari data yang diterima Dinkes Kepri, belum ada kenaikan jumlah kasus DBD di Provinsi Kepri. Namun, tetap harus waspada.

“Namun kita harus waspada, jika demam lebih dari tiga hari harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan baik itu puskesmas dan rumah sakit agar mendapatkan pengobatan yang tepat,” tegas Bisri.

Bisri juga menyampaikan kepada masyarakat Kepri untuk dapat rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal selama musim penghujan seperti ini.

“Agar tidak ada wadah untuk perkembanganbiakan nyamuk ini,” jelas Bisri.

Yang pasti lakukanlah gerakan 3 M seperti Menguras, Menutup, mengubur barang bekas sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah.(ask/dki)