MA (22), tersangka kasus pencurian ditangkap polisi. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pria berinisial MA (22) yang merupakan pekerja subcon di PT Citra Shipyard, Sei Lekop, Sagulung digelandang ke Mapolsek Sagulung. Pasalnya, pria ini mencuri kabel las (Welding cable).

Kapolsek Sagulung, Iptu Mohammad Darma Ardiyaniki, mengatakan, MA dilaporkan oleh pemilik PT JSM (Jejawa Sukses Mandiri) yang merupakan subcon di PT. Citra Shipyard, Sei Lekop, Sagulung. Lalu, pelaku diamankan di rumahnya pada Selasa (2/11).

Dikatakan Niki, kejadian bermula pada Senin (1/11). Saat itu pemilik PT. JSM akan mengeluarkan 12 gulung welding cable 500 A x 80 meter dari PT. Citra Shipyard. Setelah mengecek surat pengeluaran barang, pelapor menemukan kejanggalan.

“Saat dilakukann pengecekan, ternyata barang-barang tersebut sudah dikeluarkan oleh pelaku tanpa seizin korban,” ujar Niki, Rabu (3/11).

Karena itu, korban melapor ke polisi. Atas kejadian itu PT. JSM mengalami kerugian sebesar Rp 60 juta.

Berdasarkan laporan tersebut, jajaran Unit Reskrim Polsek Sagulung yang dipimpin Kanit Reskrim, Iptu Muharka melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku.

Karena perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 372 KUHPidana tentang tindak pidana penggelapan. Ia terancam hukuman penjara maksimal 4 tahun.

MA kepada polisi mengakui perbuatannya. Katanya, kabel curian itu dijual, dan uangnya digunakan untuk pribadinya, sebab MA tidak bekerja secara menetap di PT. JSM. Dan perbuatan tak terpuji itu sudah sering dilakukannya.

“Pelaku bukan karyawan tetap di PT. JSM. Ia mengaku sudah berulang kali mencuri kabel dan hasilnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tutupnya.(*/red)