Satpam saat mendapat pelatihan menembak di Lapangan Tembak Merah Putih Polresta Barelang, pada Kamis (21/10). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Para Satuan Pengamanan (Satpam) di Batam sebanyak 41 orang diberi pelatihan menembak. Mereka adalah satpam yang sudah sertifikasi Garda Utama dari PT Khatulistiwa Media Utama Sakti, dilatih di Lapangan Tembak Merah Putih Polresta Barelang, pada Kamis (21/10).

Kasat Binmas Polresta Barelang, AKP Mangiring Hutagaol, mengatakan, pemberian pelatihan menembak ini sesuai dengan Peraturan Polri Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 10 Desember 2007 tentang sistem manajemen pengamanan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga Pemerintah, dan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: Kep/529/IX/2011 tanggal 30 September 2011 tentang pedoman teknis tata cara penyelenggaraan Pelatihan Bagi Anggota Satuan Pengamanan.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena Satpam atau Pam Swakarsa merupakan ujung tombak pengamanan,” ujar Mangiring Hutagaol.

Dijelaskan, para peserta yang mengikuti pelatihan menembak diberi materi pengenalan senjata api, latihan teori menembak, praktek menembak, latihan perkenaan 3 butir amunisi dan praktek menembak penilaian 5 butir amunisi.

Dalam latihan tersebut, pihaknya menyediakan instruktur terbaik. Hal ini agar Satpam di Kota Batam memiliki kemampuan yang standar terhadap tugasnya. Ia menambahkan, satpam merupakan sebuah profesi kepanjangan tangan dari Polri. Sehingga perlu mendapatkan kompetensi dan legalitas.

“Berikan contoh yang baik dan serius supaya rekan-rekan Satpam memiliki rasa percaya diri, dan tidak ragu dalam bertugas di lapangan,” pesannya.(*/red)