Barang bukti motor yang dicuri pelaku. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Remaja di Batam berkomplot jadi geng maling motor berhasil dibekuk polisi. Mereka sudah lihai mencuri motor. Tiga di antara komplotan itu adalah AL (16), WA (14) dan P (19). Kini, ketiganya mendekam di balik jeruji penjara.

Kapolsek Batuampar AKP Salahuddin kepada wartawan, Rabu (6/10), mengatakan, tiga tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang ditangkap tersebut terdiri dari 2 penadah dan 1 pelaku utama. Ironisnya, si pelaku utama adalah anak bawah umur.

Kanit Reskrim Polsek Batuampar, Iptu Prawiro Hadi Wijaya, menambahkan, para pelaku ini merupakan pemain baru. Dari komplotan ini, masih ada tiga pelaku utama lainnya yang juga dibawah umur yang masuk DPO (Daftar Pencarian Orang).

Masih kata Kanit, sebagian pelaku masih berstatus pelajar. Dan motor hasil curian langsung cepat dijual dengan harga bervariasi. Paling murah Rp 500 ribu. Usai menjual motor curian itu, hasilnya dibuat foya-foya.

“Orang yang beli (penadah) masih satu geng juga dengan pelaku,” papar Kanit.

Dari pengakuan para tersangka, mereka cukup lihai membobol kontak motor karena belajar sendiri. Tidak ada yang mengajari alias belajar secara otodidak.

Saat beraksi, lanjut Kanit, pelaku merusak kontak motor dengan gunting. Dari aksi para begundal itu, lima motor berhasil dipetik. Barang bukti itu kini diamankan di Mapolsek Batuampar.(*/red)