Pelabuhan Domestik Sekupang. Foto: BatamLagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pelayanan transportasi laut di Batam terkendala, setelah adanya pencabutan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Akibatnya, ferry Dumai Express Group tujuan Batam – Dumai – Bengkalis di Pelabuhan Domestik Sekupang dihentikan sementara waktu.

“Untuk hari ini tidak ada ferry ke Dumai,” ujar Humas agen kapal Dumai Grup, Asmadi saat dikonfirmasi wartawan melalui selulernya, Kamis (30/9).

Dikatakannya, pihaknya juga mengurangi trip kapal tujuan Tanjung Balai Karimun, Tanjung Samak, Selat Panjang dan lainnya, dari 3 trip menjadi 1 trip sehari.

Asmadi menyebutkan, operasional kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang terganggu setelah BBM bersubsidi dicabut pihak pertamina. Kapan beroperasi lagi? “Kami tidak tahu pasti kapan beroperasi,” tuturnya.

Dijelaskan Asmadi, operasional kapal terkendala sejak tanggal 27 September. Hal ini pun sudah disampaikan kepada masyarakat dan instansi terkait.

“Hal ini masih perlu dibicarakan, sebab operasional kapal tergantung pada BBM subsidi,” tegasnya.

Asmadi menegaskan, jika keberangkatan kapal masih dipaksakan, tentu pengelola kapal akan rugi. Jadi harus berhitung juga, berapa penyesuaian kenaikan tarif tiketnya, yang berdampak pada penumpang.

“Itu butuh waktu juga untuk duduk bersama. Jika memang pengelola membeli minyak industri, maka tarif ongkos otomatis akan dinaikkan,” ungkapnya.(*/red)