Jasad Sopyan, ABK Kapal Zaqiah ditemukan pantai, Batu Merah, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Sopyan, ABK Kapal Zaqiah yang tenggelam dalam insiden karamnya KM Tirta Mulia di Perairan Batuampar ditemukan tewas pada Selasa (21/9) pagi di Perairan Batu Merah, Kecamatan Batuampar, Kota Batam.  Sedangkan satu ABK lagi belum ditemukan.

Ketua Pelayaran Rakyat (Pelra) Kota Batam dan juga Pimpinan perusahaan Agen kapal Zaqiah kepada awak media, mengatakan, jasad Sopyan pertama kali ditemukan nelayan Batu Merah. Posisinya berada di pinggir pantai.

“Nelayan yang mau melaut menemukan jasad Sopyan di pinggir pantai. Ketemu di pelantaran Batu Merah,” ucapnya.

Dijelaskan Wandi, Sopyan merupakan ABK Kapal Zaqiah yang turut membantu Tirta Mulia yang mengalami bocor, untuk memompa air dibuang ke laut. Namun tanpa disadari korban, air semakin banyak, sehingga kapal tenggelam.

“Korban Sopyan ikut membantu membuang air dari dalam kapal Tirta Mulia bersama satu orang ABK Tirta Mulia yakni Abdul Gani, akhirnya kedua ikut tenggelam,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kapal kayu KM Tirta Mulia bermuatan 700 ton semen tenggelam di Perairan Batuampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), saat dilakukan perbaikan karena ada kebocoran pada Minggu (19/9) pagi.

Dua orang ABK tenggelam dalam peristiwa tersebut. Saat itu kapal berukuran 142 gross tonnage (GT) itu mengangkut 14.000 karung semen dengan total berat sekitar 700 ton. Penumpang enam orang. Satu nakhoda dan 5 anak buah kapal.(*/red)