Krisdayanti (KD), anggota DPR RI saat tampil di Youtube Akbar Faisal. Foto/ Tangkapan layar.

JAKARTA (BATAMLAGI.COM) – Krisdayanti (KD), anggota DPR RI menjadi sorotan baru-baru ini setelah mengungkap besaran gaji seorang anggota DPR RI melalui kanal Youtube Akbar Faisal. Legislator PDI Perjuangan ini mengaku, menerima gaji pokok per bulan sebesar Rp 16 juta.

Selain gaji, setelah lima hari kemudian Krisdayanti menerima tunjangan sebesar Rp59 juta. Ibu kandung Aurel Hermansyah itu juga menyebut anggota DPR mendapatkan dana aspirasi Rp450 juta hingga lima kali per tahun.

Krisdayanti yang mendaftarkan diri sebagai legislatif Dapil I, Jawa Timur dari Partai PDI Perjuangan itu mengungkapkan bahwa anggota DPR masih mendapatkan dana kunjungan daerah pemilihan, atau dana reses sebesar Rp140 juta 8 kali dalam setahun.

Informasinya juga selain sejumlah dana yang disebutkan Krisdayanti tersebut, ada juga biaya kunker, studi banding, honor pansus, honor panja dan honor penyusunan UU.

Setelah pernyatannya viral, sebagian penasaran dengan pundi-pundi yang dimiliki istri pengusaha Raul Lemos tersebut. Begitu juga dengan koleksi mobilnya, mengingat selain menjadi legislatif, KD dikenal sebagai penyanyi papan atas.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 6 September 2019, harta kekayaan Kerisdayanti mencapai Rp28.511 miliar. Dari angka tersebut, tanah dan bangunan menjad aset terbesar dengan nilai Rp23,200 miliar.

Meski tergolong tajir, namun pelantun tembang ‘menghitung hari’ itu tidak terlalu heboh dalam memilih kendaraan. Jadi jangan kaget melihat isi garasi rumahnya, sebab KD hanya memiliki tiga unit mobil Toyota yang nilainya Rp2,531 miliar.

Ketiga kendaraan roda empat milik mantan istri Anang Hermansyah itu berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Yaitu, dua unit Toyota Alphard dengan tahun produksi 2017 seharga Rp840 juta, dan untuk lansiran 2018 nilainya Rp1,530 miliar.

Tidak ada informasi terkait tipe dari kedua Alphard tersebut, namun berkaca dari taksiran harganya yang termahal diduga tipe 2.5 G matik. Kini dalam kondisi bekasnya menurut platform jual beli online, banderolnya masih Rp900 jutaan.

MPV mewah buatan 2018 itu memiliki desain eskterior, dan interior yang serupa dengan edisi 2019-2020. Hanya fitur keamannya saja yang berbeda, pasalnya teknologi keamanan Alphard tahun lalu sudah dibenamkan Toyota Safety Sense.

Mesin yang bersarang di balik MPV bonsor tersebut ada dua pilihan, yakni berkapasitas 2.500cc dan 3.500cc dan hanya tersedia transmisi matik.

Selain Alphard, mobil ketiga Krisdayanti hanya Avanza buatan 2018 seharga Rp161,500 juta, cukup merakyat sebagai kendaraan seorang diva Indonesia sekaligus anggota DPR.(*/viva)