Kapolsek Batuaji, Kompol Ganjar didampingi Kanit Reskrim Ipda Budi Santosa, Kasi Humas Iptu Tigor Sidabariba mengekspos kasus pencurian motor, Selasa (7/9) sore. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Geng maling kembali ditangkap polisi. Lagi-lagi pelakunya 2 orang anak dibawah umur dan 1 pria dewasa. Mereka berinisial MS, EA dan MD. Onderdil motor curian yang sudah dibongkar ditawarkan melalui medsos.

Kapolsek Batuaji, Kompol Ganjar didampingi Kanit Reskrim Ipda Budi Santosa, Kasi Humas Iptu Tigor Sidabariba saat konferensi pers, Selasa (7/9) sore, mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula adanya laporan dari Putra, warga Perumahan Bagaman, Tanjunguncang, Batuaji yang kehilangan motor.

Atas laporan tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Lalu, Unit Reskrim Polsek Batuaji mendapat informasi adanya orang yang menjual blok mesin motor di media sosial Forum Jual Beli Batam (FJB).

Blok mesin motor yang dijual pelaku sama seperti motor yang dilaporkan oleh korban.

Selanjutnya, pada Sabtu (4/9), pihaknya menyamar sebagai pembeli dan COD di bilangan Tiban, Kecamtan Sekupang.

Tidak hanya itu saja, polisi juga menemukan barang bukti lainnya seperti motor curian yang masih utuh, onderdil motor, kunci pas, obeng, kepala martil, dan tang.

“Ketiga pelaku langsung kami amankan ke polsek,” papar kapolsek.

Dari pengakuan para pelaku, blok mesin yang dijual tersebut merupakan motor curian. Mereka mengaku menjual di FJB supaya tidak mudah diketahui. Dan kalau dicincang bisa cepat laku.

Saat beraksi, ketiga pelaku menjalankan peran masing-masing, MS memantau lokasi, EA standby di atas motor, dan MD mengeksekusi.

“Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara,” pungkasnya.(*/red)