Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto: ist

JAKARTA (BATAMLAGI.COM) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali diperpanjang mulai 24 Agustus hingga 6 September 2021. Seluruh detail perpanjangan ini akan diatur dalam Instruksi Mendagri.

“Perpanjangan akan dilakukan di luar Jawa-Bali pada 24 agustus sampai 6 September 2021, dan perpanjangan ini seluruh detailnya akan ada di dalam Instruksi Mendagri,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers PPKM pada Senin (23/8).

Dijelaskannya, di luar Jawa dan Bali, ada perkembangan level assessment yang sedikit membaik. Wilayah PPKM level 4 dari 11 provinsi kini menjadi 7 provinsi. Dari sisi kab/kota, level 4 juga turun dari 132 menjadi 104.

Kemudian level 3 dari 215 kab/kota menjadi 234. Sedangkan wilayah PPKM level 2 dari 39 kab/kota menjadi 48.

“Kemudian dalam periode 10-23 Agustus, tren konfirmasi harian menunjukkan kecenderungan menurun. Mobilitas di level 4 juga turun, walaupun range-nya masih di bawah 10 persen. Namun ada beberapa juga yang turun tajam,” jelas Airlangga.

Tren kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali juga disebut mulai melandai. Hal ini, kata Airlangga, dapat dilihat dari 45 kab/kota yang menerapkan PPKM level 4, terdapat 11 yang turun ke level 3. Wilayah ini termasuk Bengkulu Utara, Tulang bawang Barat, Lampung Selatan, Lampung Barat, Kota Dumai, Ende, Sikka, Rokan Hulu, dan Siak.

“Sisa 34 kabupaten tetap berada di level assessment 4, dan ini semuanya nanti akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri,” tutur Airlangga.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan berharap semua daerah di Indonesia bisa masuk ke PPKM level 2. Sejauh ini, ada wilayah yang masuk PPKM level 3, dan 4.

“Tentu kita semua berharap seluruh kabupaten kota dapat masuk ke level 2 atau 1 pada suatu waktu nanti. Pencapaian tersebut dapat terjadi jika kita semua disiplin dan bergerak bersama,” kata Luhut dalam konpres virtual di Jakarta, Senin (23/8).

Kata dia, untuk periode penerapan PPKM Level 4, 3, dan 2 periode 24-30 Agustus 2021 wilayah Aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya dan Surabaya Raya mengalami penurunan Level, dari 2 PPKM Level 4 ke Level 3 pada minggu ini, sehingga kabupaten/kota yang masuk ke Level 3 bertambah menjadi sebanyak 67 kabupaten/kota.(*/net)