Direktur Jenderal PSDKP, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin saat konfrensi pers. Foto: BatanLagi.com/ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) saat mencuri ikan di lautan Natuna, Selasa (17/8). Satu kapal pencuri tenggelam.

Direktur Jenderal PSDKP, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin mengatakan, KIA itu berbendera negara Vietnam bernomor lambung KG 1843 TS dan KG 1938 TS.

“Kedua kapal diduga melakukan pelanggaran di wilayah hukum Indonesia dengan mencuri ikan,” ujarnya saat konfresni pers, Jumat (20/8).

Dikatakan Adin, saat dilakukan penindakan, dua kapal tersebut berusaha kabur. Saat aksi kejar-kejaran itu, satu kapal terbakar dan tenggelam di laut.

“Saat dilakukan pengamanan terdapat satu kapal tenggelam,” paparnya.

Selanjutnya, para ABK diselamatkan petugas. “Sementara 22 ABK di atas kapal berhasil diselamatkan petugas PSDKP,” ucapnya.

Dari pemeriksaan yang dilakukan jajarannya, kata Adin, para mengaku sudah beberapa kali mencuri ikan di wilayah Indonesia.

“Hasil pemerikasaan, kru kapal sudah empat kali memasuki wilayah perairan Indonesia tanpa memiliki izin yang sah,” paparnya.

Ditegaskan juga, pihak PSDKP masih melakukan pemeriksaan lanjutan. Dan kapal beserta ABK nya telah diamankan di Pangkalan PSDKP Batam, Barelang untuk proses lebih lanjut.

“Kita akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tutupnya.(*/red)