Jalan raya di sekitar jalan Putri Hijau, Kecamatan Sagulung, kebanjiran, Rabu (18/8). Foto: BatamLagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Diguyur hujan sebentar saja, jalan raya di sekitar Putri Hijau, Kecamatan Sagulung, banjir, Rabu (18/8). Air hujan itu meluap dari drainase yang buruk di lokasi tersebut.

Herman, warga yang ditemui di lokasi mengatakan, kondisi tersebut kerap terjadi saat hujan turun. Dapat dipastikan, air akan menggenangi jalan beraspal itu.

“Saat hujan turun, jalan beraspal itu akan banjir. Karena air hujan meluap dari drainase. Drainasenya ukurannya kecil,” kata Herman, Rabu.

Melihat kondisi tersebut, pria ini mencoba memberi solusi agar pemerintah memperlebar drainase yang ada. Karena sudah lama kondisi tersebut dirasakannya, dan sepertinya belum ada perubahan.

“Baiknya drainasenya dibesarin saja. Karena juga kondisi ini sudah sering terjadi, air sampai keluar ke jalan,” katanya.

Katanya lagi, genangan air itu juga dikhawatirkan akan merusak aspal jalan. “Itu sudah ada lubang,” katanya seraya telunjuknya mengarah ke lubang di jalan tersebut.

“Kalau air terus tergenang, aspalnya mudah terkikis dan berlubang nantinya. Jalan ini juga rendah dan mudah tergenang air,” ucapnya.

“Kalau bisa juga, drainasenya dinormalisasi. Kan ada dinas DLH (Dinas Lingkungan Hidup) yang mengurus bagian ini,” paparnya.

Pantauan di lokasi, tingginya curah hujan menyebabkan air meluap hingga menutupi badan jalan beraspal. Meski dapat melintasi jalan tersebut, para pemotor khususnya harus ekstra hati-hati, karena ada lubang menganga di jalan yang tertutup air tersebut.

Cukup lama air itu menggenangi jalan. Air akan kembali surut saat hujan benar-benar berhenti.

“Tapi lama juga bang surut airnya, tunggu benar-benar hujannya berhenti,” ujar warga.(*/red)