Logo HUT Kemerdekaan RI ke-76.

KEPRI (BATAMLAGI.COM)– Provinsi Kepri menggelar rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 secara sederhana, dengan protokol kesehatan ketat. Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan tersebut, dilakukan pemeriksaan antigen.

Ada beberapa rangkaian kegiatan pada Peringatan HUT RI ke-76 di Provinsi Kepri. Dimulai dengan Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya pada Kamis (12/8) kemarin. Yang diberikan kepada empat orang Purna Bhakti, masing-masing dua orang untuk pengabdian 30 dan 20 tahun. Serta 133 orang untuk pengabdian 10 tahun.

Disusul pada Minggu (15/8), yaitu Pengukuhan Paskibraka Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021. Lalu keesokan harinya dilanjutkan dengan video conference untuk menyaksikan Sidang Tahunan bersama MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021.

Pada tengah malamnya, ada Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan. Sedangkan acara puncak pada 17 Agustus, ada empat kegiatan yang dilaksanakan secara marathon.

Mulai dari Upacara Peringatan HUT RI di Provinsi Kepri dari Halaman Gedung Daerah, dilanjutkan dengan video conference Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI dari Istana Negara. Begitu juga saat penurunan bendera.

Pada rapat persiapan Peringatan HUT RI ke-76 yang dipimpin oleh Mariyani Ekowati, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum, terus dilakukan penyusutan angka peserta upacara. Dari 270-an, berusaha untuk dikurangi menjadi 100 lebih saja.

Hal itu dilakukan agar pelaksanaan Peringatan HUT RI ke-76 berjalan lancar dengan protokol kesehatan dan tidak menciptakan klaster baru.

“Jangan sampai nanti ada klaster baru dari HUT RI ini. Kita harus ketat, melakukan tes antigen untuk semua yang terlibat,” sebut wanita yang akrab disapa Bu Eko ini.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepri telah menyiapkan paket untuk tes antigen bagi para pengisi acara Peringatan HUT RI ke-76 di Provinsi Kepri.

“Berapa dibutuhkan, kita siapkan,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Muhammad Bisri.(dkm/ask)