Ilustrasi seorang nakes saat divaksin. Foto ist

KEPRI (BATAMLAGI.COM) – Pemerintah Provinsi Kepri akhirnya mencanangkan Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Provinsi Kepri, Senin (9/8). Vaksin booster ini hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan.

Gubernur Provinsi Kepri, H Ansar Ahmad SE MM, dalam sambutannya mengatakan, tenaga kesehatan atau nakes merupakan kelompok prioritas yang wajib mendapatkan perlindungan agar terhindar dari paparan Covid-19 saat bertugas.

“Kita harapkan dengan vaksinasi dosis tiga ini menjadi booster khusus yang mampu menjaga keamanan dan melindungi tenaga kesehatan kita dalam bertugas,” ujar Ansar di RS Hj Bunda Halimah Batam, Senin sore.

Dikatakan Ansar, mengingat tak sedikit tenaga kesehatan kita yang ikut terpapar Covid-19 saat merawat dan menjaga pasien Covid-19.

“Untuk itu, seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan seluruh pekerja yang bekerja di rumah sakit memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan dari vaksinasi ketiga ini,” jelas Ansar.

Dikatakan Ansar, pada tanggal 6 Juli lalu, pemerintah Provinsi Kepri telah menyalurkan 304 vial ke kota Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas. Sedangkan tanggal 7 Juli, pemerintah Provinsi Kepri memberikan 401 vial vaksin ke Kota Batam dan 109 vial vaksin ke Kabupaten Karimun.

“Saya mengharapkan ke depannya pemerintah daerah, baik itu kabupaten kota se-Provinsi Kepri dapat segera menyalurkan vaksin dosis III kepada tenaga kesehatan di daerahnya masing-masing,” jelas Ansar.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisri mengatakan, diberikannya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi nakes ini guna melindungi tenaga kesehatan provinsi Kepri yang berjuang langsung menangani masyarakat Kepri yang terkonfirmasi Covid-19.

Bisri juga memastikan dengan percepatan vaksinasi ini dapat mempercepat menekan angka penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri.

“Untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi nakes ini digunakan vaksin bermerek Moderna,” ujar Bisri.

Sementara itu, pada Selasa (10/8), para tenaga kesehatan dan penunjang di lingkungan RS BP Batam mulai mendapat vaksinasi dosis ketiga.(dkm/ask)