Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono bersama Gubernur Kepri, Walikota Batam serta Forkopimda, Senin (9/8). Foto ist

KEPRI (BATAMLAGI.COM) – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meminta Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di daerah tersebut.

“Alangkah baiknya ini harus dilakukan secara maksimal oleh Pak Gubernur beserta jajaran agar dapat menekan kasus Covid-19 di daerah,” ujar Komjen Pol Gatot saat meninjau vaksinasi di Vihara Sei Panas, Kota Batam, Kepri, Senin (9/8).

Dikatakan Gatot, berdasarkan tingkat perkembangan di provinsi dan daerah, masih banyak warga yang terpapar. Katanya, ada beberapa hal yang menjadi prioritas dan menjadi perhatian pemerintah provinsi maupun daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Pertama, kata Gatot, mobilitas masyarakat harus dikontrol agar penyebaran virus tidak meluas.

Kedua, percepatan tracing, sebab dengan cepatnya tracing, maka penularan akan mudah ditekan dan diantisipasi.

Ketiga, Gatot meminta kepada pemerintah provinsi menyiapkan tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 agar lebih terkontrol.

“Nanti pemerintah provinsi dan daerah harus menyiapkan itu agar lebih terkontrol,” katanya.

Selain itu, Gatot meminta agar pemerintah provinsi harus mempercepat vaksinasi agar herd Immuneity segera tercapai. Sampai saat ini capaian vaksinasi di Kepri mencapai 68 persen untuk dosis pertama dan 21 persen untuk dosis kedua.

“Kalau kita sudah mencapai 70 persen herd Immunety itu akan tercapai,” pungkasnya.(dkm/ask)