Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam. Foto: BatamLagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 9 Agustus 2021. Dan syarat penerbangan untuk penumpang di Bandara Hang Nadim Batam masih sama.

Koordinator Wilayah KKP Bandara Hang Nadim Batam, dr Putra dihubungi wartawan, Selasa (3/8), mengatakan, calon penumpang tetap harus menunjukkan hasil RT-PCR dan sertifikat vaksin Covid-19.

“Masih sama dengan (persyaratan) yang terakhir kemarin. Menunjukkan hasil PCR dan kartu vaksin,” kata dr Putra.

Dikatakan dr Putra, diimbau kepada calon penumpang untuk tetap memperhatikan seluruh persyaratan, sebelum memutuskan untuk terbang ke kota tujuan. Karena persyaratan di atas berlaku untuk bandara berstatus level 3 atau level 4.

Dicontohkan, penumpang untuk terbang ke Pekanbaru, Padang, Medan, Aceh, Jambi, dan Bengkulu, warga Batam harus melengkapi dengan hasil RT PCR negatif Covid-19 dengan masa berlaku 2 x 24 jam, serta kartu vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

“Syarat tersebut juga berlaku untuk bandara tujuan Palembang, Lampung, Pontianak, Makassar, Tarakan, Balikpapan, Palu, serta untuk Jawa dan Bali,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu.

Menurut Presiden, kebijakan PPKM yang berlangsung sebelumnya dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus telah memberikan hasil yang baik dalam berbagai indikator penanganan Covid-19 di Tanah Air.

“PPKM level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus kemarin, telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4.

“Penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah,” ujar Presiden dalam pernyataannya terkait perkembangan PPKM di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (2/8).(*/red)