Walikota Batam, Muhammad Rudi saat di Panggung Dataran Engku Putri, Batamcentre. Foto ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Kepri, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) dan bright PLN Batam memberi bantuan paket beras. Bantuan tersebut diterima Walikota Batam, Muhammad Rudi dan akan langsung diserahkan kepada masyarakat.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada BI, BMPD dan PLN Batam yang telah turut membantu,” kata Rudi di Dataran Engku Putri, Senin (2/8).

Total bantuan tersebut 8 ribu paket sembako. Dengan rincian; 1.500 paket beras masing-masing 10 kg senilai Rp157.500.000 dari KPw BI Kepri, 4.000 paket beras dari BMPD Kepri senilai Rp420.000.000 dan 2.500 paket beras senilai Rp251.250.000 dari bright PLN Batam.

Dijelaskan Rudi bahwa Pemko Batam hanya membantu mendistribusikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Artinya bantuan tersebut tidak dihibahkan kepada Pemko Batam, karena itu akan langsung disalurkan.

Rudi berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, khususnya bagi yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) karena positif Covid-19. Di tengah keterbatasan APBD Kota Batam, pihaknya selama ini juga terus berupaya untuk mencari bantuan kepada para pelaku usaha atau juga perbankan.

“Atas nama masyarakat dan Pemko Batam, saya mengucapkan terimakasih kepada semua para donatur,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad memberikan apresiasi kepada BI, BMPD dan PLN Batam yang turut membantu masyarakat. Terutama yang terkena dampak langsung dari penyebaran Covid-19.

“Karena dalam penanganan Covid-19 dibutuhkan kerjasama semua pihak,” kata Amsakar.

Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K. Atmaja mengatakan pihaknya terus berkomitmen membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan Covid-19. Karena itu bantuan beras tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat.

“Mudah-mudahan 5.500 paket beras yang kami serahkan dari BI dan BMPD dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang kena dampak Covid-19,” katanya.

Direktur Utama baru PT PLN Batam, Nyoman S Astawa mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan paket beras sebanyak 2.500 paket. Bantuan tersebut diserahkan kepada Pemko Batam untuk disalurkan kepada masyarakat.

Selain itu, untuk membantu meringkan beban masyarakat pihaknya mengaku juga memberikan stimulus masyarakat yang kurang mampu. Tahun 2020 digratiskan rekening listrik dan tahun 2021 diberikan diskon 50 persen.

“Semua itu kita lakukan sebagai bentuk kepedulian PLN Batam kepada masyarakat Batam. Beras yang kita serahkan ini sebanyak 1.000 paket dari perusahaan dan 1.500 paket donasi dari seluruh pegawai,” kata Nyoman.(mc/red)