Juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana. Foto ist

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad positif terpapar Covid-19. Hal ini dipastikan setelah hasil swab PCR-nya keluar pada Minggu (11/7). Kondisi kesehatan gubernur dikabarkan baik-baik saja.

“Kondisi Gubernur saat ini baik-baik saja, dan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah pribadi (di Batu 7, Tanjungpinang),” ujar Tjetjep Yudiana, Juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Kepri saat menggelar konferensi pers, terkait kondisi Gubernur Kepri di ruang rapat utama Lantau 4, Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Minggu.

Konferensi pers dihadiri sejumlah media, beberapa ada yang hadir langsung di lokasi, namun lebih banyak yang mengikuti secara virtual.

Dikatakan Tjetjep, Gubernur sudah merasa tidak enak badan dalam beberapa minggu terakhir. Karena merasa kondisi badannya kurang fit, maka banyak mengkonsumsi vitamin agar, tetap bisa beraktivitas menjalankan tugas kegubernuran seperti biasa. Mengingat banyak sekali kegiatan yang menuntut kehadirannya, terutama dalam rapat-rapat penting.

“Bapak Gubernur sempat melakukan rapid test antigen, namun waktu itu hasilnya negatif. Tidak puas dengan hasil rapid test antigen, kemudian dilanjutkan dengan tes swab atau PCR hari ini,” ungkap Tjetjep.

Guna mendapatkan hasil PCR yang valid, kata Tjetjep, harus ada rentang waktu 5 hari untuk test PCR setelah rapid antigen.

Lanjutnya, hasil rapid test antigen Gubernur keluar pada hari Rabu tanggal 7 Juli lalu. Dan 5 hari setelah itu adalah hari ini, Minggu tanggal 11 Juli, baru dilakukan test PCR lagi dan hasilnya positif,” ujarnya.

Dijelaskan Tjetjep, Gubernur melakukan swab PCR Minggu pagi sekitar jam 10.00 WIB dan hasilnya keluar 4 jam setelah itu, atau sekitar jam 14.00 WIB.

“Walaupun dinyatakan positif, namun saturasi bagus di angka di atas 95. Mudah-mudahan hal ini bisa dipertahankan. Dan mohon bantu doa dari seluruh masyarakat semua, agar Gubernur bisa kembali pulih dan bisa segera aktif kembali kembali seperti sedia kala,” kata mantan Kadinkes Kepri ini.

Tjetjep juga menegaskan, Pemprov Kepri telah menyiapkan Tim Kesehatan untuk menangani kesehatan Gubernur dari tim dokter RSUP Raja Ahmad Tabib.

“Sekali lagi saya tegaskan, Gubernur kondisinya sekarang baik-baik saja. Beliau sedang menjalani masa pemulihan. Mudah-mudahan informasi ini bisa dipahami oleh masyarakat dan selanjutnya kirim doa agar beliau segera sembuh,” pungkasnya.(*/red)