Ilustrasi petugas menyuntikkan vaksin.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Para pelajar di SMA Negeri (SMAN) 3 di Jalan Hang Nadim Nomor 3, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) divaksin pada Minggu (4/7).

Wakil Kepala Sarana SMA Negeri 3, Didin mengatakan, vaksinasi ini dimulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Dan kegiatan ini merupakan perdana dan sebagai percontohan oleh Pemko Batam. Selain di sekolah ini, juga ada SMAN dan SMPN yang juga sebagai percontohan.

“Ada empat sekolah, terdiri dari 2 SMA dan 2 SMP yang dijadikan percontohan,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Didin, dari kegiatan ini dapat dilihat kondisi dan kesiapan apa yang perlu dievaluasi untuk vaksin berikutnya.

Dijelaskan juga, untuk kelancaran vaksinasi tersebut, pihaknya menyiapkan 5 ruang kelas yang terdiri dari; 3 ruang vaksin, dan 2 ruangan untuk verifikasi. Pihaknya juga menyiapkan kursi antrian, agar peserta tak berdesak-desakan.

Ditambahkan Didin, ada sebanyak 1.322 pelajar dan alumni SMAN 3 yang divaksin. Dan pelajar yang mengikuti vaksinasi dari kelas X, XI, dan alumni yang baru lulus juga diundang untuk divaksin.

“Sampai pukul 12.00 WIB sudah 75 persen, target kita sampai jam dua paling lambat jam empat sudah selesai,” paparnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, Jumat (2/7), mengatakan, Pemko Batam akan memvaksin murid dari 6 sekolah menengah pertama negeri (SMPN) dan sekolah menengah atas negeri (SMAN).

“Pak Walikota Batam (Muhammad Rudi) minta vaksinasi remaja ini segera dilakukan. Tadi kita sudah rapat dengan kepala sekolah dan diputuskan Minggu besok akan dimulai vaksinasi remaja,” ujar Jefridin Hamid.

Dikatakan Jefridin, vaksinasi Covid-19 untuk anak remaja di Batam akan dimulai pada Minggu di 6 sekolah yakni; SMPN 4, SMPN 25, SMPN 27, SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 5.

“Jumlah sasaran vaksinasi masyarakat Batam di atas usia 18 tahun sebanyak 785.003 orang. Capaian vaksinasinya saat ini sebenarnya sudah mencapai 53 persen. Tapi dengan sudah diperbolehkannya vaksinasi untuk remaja maka, secara otomatis jumlah sasaran vaksinasi di Batam bertambah,” paparnya.(*/mcb)