Pelantikan Siswa Bintara Polri di Sekolah Kepolisian Negara Polda Kepri, Tanjung Batu, Senin (28/6). Foto istimewa

KEPRI (BATAMLAGI.COM) – Sebanyak 293 Siswa Bintara Polri di Sekolah Kepolisian Negara Polda Kepri, Tanjung Batu dilantik menjadi Bintara Polri. Upacara Penutupan dan Pelantikan Bintara Polri T.A 2020/2021 dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si. bertempat di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu, Senin (28/6).

Hadir dalam Upacara tersebut Pejabat Utama Polda Kepri, Forkopimda, Kapolres Karimun, Ka SPN, Para orang tua Bintara Remaja Pembentukan Bintara Polri, Personel SPN Polda Kepri dan Bintara Remaja Polda Kepri.

‚ÄúDengan mengucapkan Alhamdulillah pada hari ini Senin tanggal 28 Juni 2021, Pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A 2020/2021 di SPN Polda Kepri dengan ini secara resmi saya nyatakan di tutup, dan sebanyak 293 orang resmi di lantik menjadi Bintara Remaja, Bapak Kapolda langsung yang menlantik dan memipin pengambilan sumpah,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.

Dikatakan Harry, dari 293 orang Bintara Remaja ditempatkan ke Mabes Polri sebanyak 31 orang, di Dit Polair Korpolairud Baharkam polri 10 orang, Dit Samapta Korsabhara Baharkam Polri 5 orang, Pudik Polair Lemdiklat Polri 4 orang, Korbrimob Polri 6 orang di Densus 88 AT Polri 6 orang dan ditempatkan di Polda Kepri sebanyak 262 orang dengan rincian diarahkan ke Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polda Kepri sebanyak 20 orang, diarahkan pada PPKT/Perbatasan 17 orang dan Bintara Polri Tugas Umum sebanyak 225 orang.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Kepri, Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si mengatakan, upacara penutupan pendidikan Bintara Polri dilaksanakan sesuai dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan.

Upacara ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian pendidikan pembentukkan Bintara Polri T.A 2020/2021 yang diselenggarakan selama 7 Bulan.

“Saya ucapkan selamat kepada Bintara Remaja yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pembentukkan yang pada hari ini secara resmi dilantik menjadi Bintara Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua,” ungkap Aris.

Lanjutnya, mulai hari ini pada para Bintara telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu di aktualisasikan di setiap sikap, tutur kata dan prilaku hidup.

“Baik di dalam kedinasan maupun di luar kedinasan sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat,” jelas Aris.

Ditegaskan, apa yang telah dicapai hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara, oleh karena itu bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik pada Institusi Polri, Masyarakat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lanjutnya, menjadi Polisi bukan sekedar mencari pekerjaan, menjadi Polisi merupakan profesi untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara. Karena menjadi polisi sejak hari ini anda memiliki kewenangan kepolisian, tidak ada Institusi di Negara ini yang memiliki kewenangan luar biasa seperti anda.

“Anda bisa menghentikan siapa pun dijalanan dengan kewenangan sebagai seorang polisi dan jika anda tidak mempunyai jiwa pengabdian, anda akan menyalahkan kewenangan ini untuk kepentingan personal anda dan yang paling tahu adalah diri anda sendiri, saya ingatkan kepada rekan-rekan semuanya gunakan kewenangan untuk melayani Negara, gunakan kewenangan untuk melayani bangsa kita, gunakan kewenangan untuk melayani rakyat kita,” tegas Kapolda.(*/srd)