Pemain Denmark melakukan selebrasi usai menjebol gawang Wales. Foto tangkapan layar

JAKARTA – Italia dan Denmark lolos ke babak perempatfinal Euro 2020. Denmark melaju ke putaran selanjutnya setelah menggasak Wales 4-0. Sedangkan Italia mengalahkan Austria 2-1 dalam laga 16 Besar.

Kebuntuan Italia akhirnya tercipta di babak perpanjangan waktu dari dua pemain pengganti Federico Chiesa dan Matteo Pessina di Stadion Wembley, London, Minggu dini hari WIB.

Federico Chiesa memecahkan kebuntuan Italia pada menit kelima babak perpanjangan waktu pertama setelah selama 2×45 menit pertandingan melawan Austria itu tetap 0-0.

Gol Chiesa diawali dari umpan silang melambung dari sisi kiri lapangan yang dikirimkan oleh Leonardo Spinazzola. Chiesa sempat mengecoh seorang bek Austria sebelum menyarangkan gol yang gagal dihadang kiper Daniel Bachman.

Sepuluh menit kemudian pada menit 105, giliran Matteo Pessina yang menciptakan gol yang sekaligus menggandakan kedudukan 2-0.

Austria sempat membalas satu gol pada menit ke-114 ketika Sasa Kalajdzic menyambut tendangan sudut Louis Schaub yang dia tuntaskan dengan sundulan sambil menjatuhkan diri yang tak bisa dihadang Gianluigi Donnarumma. Selanjutnya, Italia akan menghadapi Portugal atau Belgia dalam perempatfinal di Muenchen pada 2 Juli.

Di pertandingan sebelumnya, Denmark kontra Wales terjadi di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat. Denmark berhasil membungkam Wales dengan skor 4-0.

Dua gol dari Kasper Dolberg, satu dari Joakim Maehle dan satu dari Martin Braithwaite membuat Denmark berlanjut ke perempatfinal Euro 2020.

Satu pemain Wales dihadiahi kartu merah. Ini setelah mereka mulai frustasi selain karena terus ditekan juga, karena tak kunjung bisa menembus pertahanan kolektif Denmark, salah seorang pemannya yakni Harry Wilson sengaja menjegal kaki Maehle pada menit tambahan sehingga dihadiahi kartu merah langsung oleh wasit.

Dengan demikian Denmark akan ke Baku, Azerbaijan, Sabtu pekan depan untuk menghadapi Belanda atau Republik Ceko dalam babak delapan besar.(*/ant)