RH (46) warga Sagulung, tersangka kasus penipuan dan penggelapan di Polsek Seibeduk. Foto ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Polsek Seibeduk mengamankan satu tersangka kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan berinisial RH (46) warga Sagulung. Pria ini menipu 35 orang dengan janji akan dipekerjakan sebagai security dan mengambil uang seragam.

Informasi yang dihimpun, kasus ini berawal saat pelapor pada Kamis (26/11/2020) sekira pukul 18.30 WIB mendatangi rumah Sirajuddin yang merupakan PT Raja Sukses Mandiri untuk membayar uang seragam security sebesar Rp 900 ribu.

Setelah itu pelapor bersama para korban lainnya disuruh latihan security di dekat PT Raja Sukses Mandiri wilayah Tunas, Batuaji.

Kepada pelapor dan para korban, pihak PT Raja Sukses Mandiri menjanjikan akan mempekerjakan mereka di berbagai tempat paling lama akhir Februari 2021.

Namun hingga saat ini pelapor maupun korban lainnya belum dipekerjakan, sedangkan pelapor dan korban lainnya sudah membayar uang seragam security yang nominalnya bervariasi. Ada yang membayar Rp 500 ribu hingga Rp 1,3 juta.

Atas kejadian tersebut pelapor dan korban lainnya mengalami kerugian uang sebesar Rp 36,7 juta.

Setelah mendapatkan laporan korban, jajaran Polsek Seibeduk melakukan penyelidikan keberadaan pelaku.

Kemudian, pada Selasa (18/5), Unit Reskrim Polsek Seibeduk yang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Budi Santosa mendapat informasi jika, pelaku berada di rumahnya. Sekira pukul 17.30 WIB pelaku berhasil ditangkap.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Seibeduk. Saat ini RH ditahan Polsek Seibeduk.

Kapolsek Seibeduk, AKP Awal Sya’ban Harahap, membenarkan adanya peristiwa tersebut dan telah mengamankan pelaku.

“Pelaku RH merupakan warga Sagulung yang saat ini diamankan di Polsek Seibeduk untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegasnya.(*/mrd)