Lokasi Gelper Saga Zone dan Nagoya Games Zone di Nagoya. Foto BatamLagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Surat Edaran (SE) Walikota terkait buka tutup tempat hiburan malam (THM) menyambut Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, terkesan disepelekan. Pasalnya, sejumlah tempat judi berkedok gelanggang permainan (Gelper) masih banyak yang beroperasi di H+1 Idul Fitri (2 syawal 1442 H).

Seperti diketahui, berdasarkan hasil rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah akan menutup kegiatan usaha THM dengan formasi 3-2-3.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: SE/175/IV/2021, SE/1/IV/PAM.4.1./2021 dan Surat Edaran Nomor: 15/SE/DISBUDPAR-SOW/IV/2021 Tentang Waktu Penyelenggaran Dan Jasa Usaha Kepariwisataan di Bulan Suci Ramadan Dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Tempat hiburan malam tersebut adalah Arena permainan Mekanik/ Manual/ Elektronik, Diskotik, Karaoke, Pub, Bar, Musik Hidup, Klab Malam, Panti Pijat/ Massage dan Spa termasuk fasilitas hotel, dengan berbagai ketentuan.

Ketentuan yang dimaksud yakni:
Tiga hari menjelang dan di awal Ramadan yaitu H-1 Ramadan 1442 H, Hari H (1 ramadan 1442 H), H+1 (2 Ramadan 1442 H).

Dua hari di pertengahan Ramadan yaitu H – 1 Nuzulul Quran (16 Ramadan 1442 H), Hari H Nuzulul Quran (17 Ramadan 1442 H).

Dan tiga hari di akhir dan setelah Ramadan yaitu H-1 Idul Fitri 1442 H, Hari H Idul Fitri (1 Syawal 1442 H), dan H+1 Idul Fitri (2 Syawal 1442 H).

Dan selain dari malam yang disebutkan, kegiatan jasa hiburan dapat dimulai kembali pada pukul 21.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, yang juga harus memenuhi ketentuan dengan tetap menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban di lokasi tempat usaha.

Serta jasa usaha pariwisata diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi usaha sebagai pencegahan peningkatan penularan Covid-19.

Pantauan di lapangan pada Jumat (14/5), empat gelper di wilayah Nagoya dan Penuin masih beroperasi di H+1 Idul Fitri (2 syawal 1442 H), seperti Starlight Zone (dekat Grand Mall), City Hunter, Saga Zone dan Nagoya Game Zona (Bekas Hollywood Game Zone). Sedangkan gelper yang ada di pasar angkasa tutup.

Ada juga Gelper yang terang-terangan menghidupkan lampu depan. Ada juga yang mematikan lampu depannya. Bila dilihat sepintas, seakan-akan tidak beroperasi. Seperti di City Hunter, para pemain keluar masuk dari pintu belakang.

Salah seorang pengawas Gelper yang tidak mau menyebutkan namanya, pada wartawan ini, Jumat malam sekitar pukul 22.00 WIB, mengatakan, tempat kerjanya tersebut beroperasi sejak pukul 10.00 WIB hingga subuh pukul 04.00 WIB, meski pada bulan puasa atau sesudah Idul Fitri.

Menurut pria yang mengenakan seragam gelper warna gelap, jam operasional tersebut sudah lazim dilakukan di tempat kerjanya tersebut.

“Sudah biasa bang, buka dan tutup jam segitu,” ujarnya santai sembari duduk di kursi sembari melihat para pemain.

Kasatpol PP Kota Batam, Salim, kepada wartawan, Sabtu (15/5), mengatakan, terkait adanya gelper yang diam-diam beroperasi tak sesuai dengan surat edaran tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Disbudpar Kota Batam. Pihak pengelola akan dipanggil.

“Akan kami panggil pengelolanya. Malam ini tim patroli pengawasan fokus tempat keramaian,” pungkasnya.(*/mrd)