KM YSM yang diamankan jajaran Ditpolairud Polda Kepri dari Perairan Tanjunguma. Foto ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Ditpolairud Polda Kepri mengamankan kapal yang membawa barang ekspedisi J&T di Perairan Tanjung Tritip, Kelurahan Tanjunguma, Kecamatan Lubukbaja, Kota Batam, Kamis (29/4) sekitar pukul 23.00. Diduga barang ekspedisi tersebut akan diselundupkan ke Tanjung Balai Karimun.

Dir Polairud Polda Kepri Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom melalui Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepri, AKBP Nurochman NulhakimĀ  menjelaskan, pihaknya mengamankan 1 unit kapal KM YSM yang dinakhodai FNL dan 2 ABK kapal.

Dijelaskan, malam itu pihaknya sedang berpatroli di perairan tersebut, dan menemukan aktifitas mencurigakan dari satu kapal motor (KM) YSM. Lalu pihaknya melakukan pemeriksaan.

“Berawal dari patroli rutin yang kami lakukan, dan kami mencurigai KM YSM yang membawa barang pada tengah malam,” kata Nulhakim.

Kapal tersebut akan berlayar dari Pelabuhan Tanjunguma tujuan Tanjung Balai Karimun. Saat diperiksa barang-barang tersebut tanpa dilengkapi dokumen kepabeanan yang sah dari Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam.

Dikatakan Nulhakim, kapal motor tersebutĀ  bermuatan barang-barang milik perusahaan ekspedisi J&T berisikan campuran berbagai jenis dengan jumlah 30 koli.

“Saat kita lakukan pemeriksaan, ternyata tidak bisa menunjukkan dokumen lengkap. Satu unit KM YSM, Nakhoda, ABK dan muatan diserahkan ke bea cukai Batam,” ujar Nulhakim.(*/red)