Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Foto ist

BATAM (BaLa) – Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan ditutup mulai tanggal 5 hingga 17 Mei mendatang. Hal ini terkait Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadan.

Walikota Ex-officio Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pada tanggal 5 hingga 17 Mei 2021 tidak ada penerbangan yang dibuka.

“Bandara (Hang Nadim) tutup (5 hingga 17 Mei 2021),” ujarnya usai Rakor Pemko Batam bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Kantor Pemko Batam, Batamcentre, Selasa (20/4).

Sementara itu, terkait pemulangan TKI melalui Batam, Rudi juga mengkhawatirkan, jika kedatangan para pahlawan devisa itu bertepatan dengan tutupnya bandara.

“Terpaksa lah mereka di sini (Batam) dulu. Mereka selama berada di Batam, akan dititipkan di tempat karantina,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, bila kedatangan ribuan PMI itu sebelum bandara tutup, maka pihaknya bisa memulangkan mereka.

“Kalau sebelum tanggal tersebut kita masih bisa pulangkan. Saya maunya ada pengecualian untuk pemulangan PMI ini, meskipun bandara tutup. Karena kalau mereka di sini siapa yang mau biayai,” ucapnya.

Seperti diketahui, dalam SE Satgas Nomor 13, ditetapkan semua anggota masyarakat dilarang mudik, tetapi masih ada pergerakan masyarakat yang boleh melakukan perjalanan yaitu untuk pegawai yang melakukan tugas dinas.

Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan karena alasan tugas dinas, maka mereka harus membawa surat tugas dari perusahaan masing-masing.

Selain itu, pemerintah juga mengizinkan masyarakat yang memiliki urusan pribadi untuk bepergian. Namun, mereka harus memiliki keterangan dari lurah atau kepala desa setempat.

Sementara itu, dengan keluarnya SE dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga kini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengeluarkan SE petunjuk teknis (Juknis) di lapangan terkait larangan mudik selama 6 hingga 17 Mei 2021.(*/red)