Ilustrasi Salat Ied. Foto ist

BATAM (BaLa) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam meniadakan kegiatan formal selama Ramadan dan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, seperti buka puasa bersama hingga kegiatan open house di rumah Walikota Batam dan Wakil Walikota Batam.

“Ini sesuai dengan arahan pusat, dan kebijakan ini juga hasil dari pertemuan kami dengan Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo kemarin,” ujar Muhammad Rudi, Wali Kota Batam, usai rapat Forfokopimda di Kantor Pemko Batam, Batamcentre, Selasa (20/4).

Dikatakan Rudi, pawai malam takbiran yang setiap tahun menyambut Idul Fitri juga ditiadakan dan hanya dapat dilaksanakan di masjid, tanpa ada pelaksanaan pawai malam takbiran secara berkeliling.

“Ini juga akan melalui kontrol dari petugas penegak protokol kesehatan. Jadi malam takbiran hanya di masjid,” jelasnya.

Sedangkan pelaksanaan salat Ied tidak berbeda jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana, pihaknya sudah memberikan surat edaran ke seluruh masjid mengenai penerapan prokes bagi para jemaah yang akan menunaikan salat.

“Para panitia pelaksana di masing-masing masjid juga harus tegas kepada jemaah, apabila ada yang datang tidak menerapkan protkes,” tegas mantan anggota Polri ini.(*/mrd)