Infografis Peta situasi terkini positif Covid-19 berdasarkan kecamatan. Sumber: Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam.

BATAM (BaLa) – Sehari saja, 90 warga Batam terpapar Covid-19, dan pasien yang sembuh ada 15 orang, pada Rabu (14/4).

Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, dalam rilisnya menyampaikan, ada 12 pasien terkonfirmasi bergejala dan 78 pasien tanpa gejala.

Kali ini pasien positif Covid-19 dari anak-anak umur 4 tahuh hingga dewasa umur 63 tahun, yang berdomisili di Belakangpadang, Seibeduk, Batamkota, Batuaji, Sagulung, Bengkong, Batuampar, Nongsa dan Lubukbaja.

Total kasus positif Covid-19 menjadi 6.489 kasus, 5.989 sembuh, 158 meninggal (bertambah 2 orang) dan 342 dirawat di sejumlah rumah sakit.

Sedangkan pada peta situasi terkini positif Covid-19 berdasarkan kecamatan, ada 7 kecamatan di mainland berada di zona merah yakni Batamkota (90 pasien dirawat), Lubukbaja (33 pasien dirawat) dan Sekupang (47 pasien dirawat), Seibeduk (44 pasien dirawat), Batuaji (51 pasien dirawat), Bengkong (26 pasien dirawat) dan Sagulung (21 pasien dirawat).

Dua kecamatan berubah warna merah muda yakni; Nongsa (15 pasien dirawat).

Dua kecamatan zona kuning yakni Batuampar (10 pasien dirawat) dan Belakangpadang (5 pasien dirawat). Sementara, dua kecamatan hinterland yakni Bulang dan Galang berada di zona hijau tanpa pasien Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Azril Apriansyah, Kamis (15/4), kepada media mengatakan, Pemko Batam terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan. Diharapkan saling mengingatkan satu dengan yang lainnya. Kasus Covid-19 sendiri sebenarnya sempat melandai di angka 70 kasus pada bulan lalu.

Lanjutnya, Tim Satgas Pemko Batam melalui tim pengawasan Covid-19 Kota Batam, bersama Polresta Barelang, Kodim 0316 Batam dan aparat TNI terus meningkatkan sosialisasi dan pengawasan prokes.

“Mulai sejak 1 April di beberapa pasar juga telah di tempat petugas satpol untuk memastikan protkes dapat dijalankan sebagaimana mestinya,” katanya.

Ia mengimbau kepada pengurus rumah ibadah diharapkan dapat selalu mengingatkan jemaahnya agar juga mematuhi selalu protokol kesehatan. Mengingat penyebaran Covid-19 di Kota Batam masih terjadi sampai saat ini.

“Kita berharap komitmen dan dukungan kepada semua elemen masyarakat Kota Batam, jangan sampai Covid-19 terus meningkat,” paparnya.(*/red)