BATAM (BaLa) – Kian hari warga Batam banyak yang terpapar Covid-19. Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (12/4) dalam rilisnya menyampaikan, ada 32 warga positif Covid-19 dan tidak ada pasien sembuh. Semua pasien konfirmasi tanpa gejala.

Kali ini pasien positif Covid-19 dari golongan dewasa yang berdomisili di Seibeduk, Batamkota, Batuaji, Sagulung, Bengkong, Batuampar, Nongsa dan Lubukbaja.

Hingga kini, total kasus positif Covid-19 menjadi 6.368 kasus, 5.960 sembuh, 156 meninggal dan 252 dirawat di sejumlah rumah sakit.

Sedangkan pada peta situasi terkini positif Covid-19 berdasarkan kecamatan, ada 6 kecamatan di mainland berada di zona merah yakni Batamkota (80 pasien dirawat), Lubukbaja (32 pasien dirawat) dan Sekupang (34 pasien dirawat), Seibeduk (28 pasien dirawat), Batuaji (25 pasien dirawat) dan Bengkong (23 pasien dirawat).

Dua kecamatan berubah warna merah muda yakni; Sagulung (14 pasien dirawat), dan Nongsa (11 pasien dirawat).

Dua kecamatan zona kuning yakni Batuampar (5 pasien dirawat). Sementara, tiga kecamatan hinterland yakni Belakangpadang, Bulang dan Galang berada di zona hijau tanpa pasien Covid-19.

Didi Kusmarjadi mengatakan, seluruh klaster dapat disimpulkan sementara bahwa, saat ini masih terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru. Hal ini sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di berbagai aktifitas sehari-hari.

Dampaknya, memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

“Kami ingatkan dan imbau kembali guna kebaikan bersama masyarakat Batam agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah teruma tentang prokes. Seperti gunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Jangan lupa jaga kesehatan juga. Apalagi ini bulan puasa,” pesan Didi.(*/red)