Ilustrasi paket sembako murah. Foto ist

BATAM (BaLa) – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau memastikan kesediaan stok pangan menjelang Ramadan, aman sampai dua bulan ke depan. Namun diakuinya ada sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan.

“Kita pastikan aman. Tapi ada kenaikan harga. Seperti daging sapi dan ayam. Tapi kami sudah membuat sistematisnya agar lebaran tak mengalami kenaikan,” ujarnya, Selasa (6/4).

Dijelaskan, untuk sembako murah jelang Ramadan akan dibagikan bagi 12 Kecamatan se-Kota Batam, Jumat (9/4) nanti. Sebanyak 35.200 paket sembako murah akan didistribusikan di 12 kecamatan.

Untuk mendapatkan paket sembako murah ini, warga cukup membayar Rp 50 ribu. Paket beras 5 kilogram (kg), minyak 2 liter, dan gula satu kg. Untuk data penerima sembako ini sudah didata lurah dan camat setempat.

“Jumat ini kita mulai bagikan di 12 kecamatan di Kota Batam. Pembagian di dua titik nanti biar tidak ramai,” ujarnya.

Lalu, sehari sebelum lebaran, Disperindag Kota Batam sudah merencanakan bakal inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar di Kota Batam. Memastikan agar tidak ada bahan pokok (bapok) yang langka dan mengalami kenaikan.

Selain dari Jawa, Aceh dan Jambi, pihaknya bekerjasama dengan Provinsi Riau untuk pengadaan sejumlah bapok. Program ini untuk meringankan kebutuhan masyarakat jelang Ramadan.

“Program sembako murah untuk membantu meringankan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.(*/mrd)