RS (23), tersangka kasus pencurian di Polsek Lubukbaja. Foto ist

BATAM (BaLa) – Satu maling motor berinisial RS (23) dibekuk jajaran Unit Reskrim Reskrim Polsek Lubukbaja, di Komplek Windsor Phase, Rabu (31/3). Tak jauh dari tempat kejadian.

Peristiwa tersebut berawal pada Kamis (18/3) sekira pukul 20.00 WIB, sepulang kerja korban memarkirkan motornya di depan rumahnya, Nagoya Permai Blok C Nomor 10, Kecamatan Lubukbaja. Usai motor dikunci stang, korban langsung masuk ke dalam rumah.

Dinihari sekira pukul 00.15 WIB, korban mendengar suara dari luar rumah, sehingga langsung keluar. Dilihatnya terlapor membawa motor dari tempat parkir. Korban pun berusaha mengejar, tetapi tidak membuahkan hasil.

Atas hilangnya motor merk Yamaha mio tahun 2011, warna Merah marun, BP 5813 GJ itu, korban mengalami kerugian Rp 3 juta. Selanjutnya korban melapor ke SPKT Polsek Lubukbaja.

Menerima laporan tersebut, Unit Reskrim melakukan penyelidikan, dipimpin Kanit Reskrim Ipda Fajar Bittikaka, dan Panit 1 Reskrim Polsek Lubuk Baja Ipda Ahmad Nasal Harahap.

Tim memperoleh petunjuk dan ciri-ciri yang dijelaskan oleh korban. Usai dilakukan pengintaian dan pencarian, pelaku berhasil dibekuk pada Rabu sekira pukul 19.00 WIB di Komplek Windsor Phase Kecamatan Lubukbaja, Kota Batam. Kemudian pelaku dibawa ke Polsek Lubukbaja guna proses lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan sati motor merek Yamaha Mio warna merah marun, 1 kunci motor Yamaha, 1 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur melalui Kapolsek Lubukbaja AKP Satria Nanda membenarkan adanya tindak pidana Curanmor yang dilakukan pelaku.

Dikatakan, pelaku sudah diamankan di Unit Reskrim Polsek Lubukbaja, dan dihimbau kepada masyarakat Kota Batam agar selalu waspada tindak kriminal pencurian motor. Bhabinkamtibmas dan perangkat RT, RW juga diharapkan bisa bersama-sama meningkatkan kewaspadaan serta ketertiban, keamanan masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing.

“Misalnya dengan menggalakkan atau menghidupkan kegiatan Poskamling,” tegasnya.(*/red)