Ilustrasi murid SD masuk sekolah di masa pandemi Covid-19. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM (BaLa) – Setelah pelajar SMP diperbolehkan belajar tatap muka, kini giliran murid Sekolah Dasar (SD) akan menyusul belajar di sekolah. Kini dalam tahap verifikasi oleh pihak dinas pendidikan Kota Batam.

“SD (Sekolah Dasar) lagi proses verifikasi ke sekolah,” ujar Hendri Arulan, Kepala Disdik Kota Batam, Kamis (18/3).

Dijelaskan, sekolah yang mengajukan permohonan belajar tatap muka hanya di 2 kecamatan yakni; Kecamatan Bengkong dan Nongsa. Untuk itu, Kabid dan Kasi SD Disdik sudah melakukan proses verifikasi.

Lanjutnya, verifikasi bagi sekolah yang sudah mengajukan permohonan tatap muka harus memenuhi syarat sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri.

Nantinya, tim verifikasi melibatkan unsur Disdik Batam, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Dewan Pendidikan serta Polsek setempat. Ada rapat dengan komite sekolah dulu, izin orang tua dan sarana prasarana protokol kesehatan di sekolah.

“Bila siap, baru dijalankan. SD sistemnya sama kayak SMP,” jelas Hendri.

Mengenai adanya Taman Kanak-Kanak (TK) yang sudah membuka belajar tatap muka, Hendri menegaskan, untuk PAUD/TK belum diperbolehkan. Saat ini, pihaknya terus memantau, jika ditemukan maka akan diberi pembinaan.

“Banyak laporan TK sudah buka secara curi-curi. Saya sudah bilang ke Kabid, tolong dipantau dan berikan pembinaan,” ucapnya.(*/mar)