Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad – Marlin Agustina saat dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Kamis (25/2). Foto tangkapan layar

JAKARTA – Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terpilih, Ansar Ahmad – Marlin Agustina resmi dilantik Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kamis (25/2).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 40/B/2021 tentang pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur 2021-2024.

Dalam pernyataan presnya, Ansar Ahmad mengatakan, dalam memimpin Provinsi Kepri, dirinya fokus pada dua hal. Pertama penanganan Covid-19 yang harus ditangani secara serius, agar kegiatan ekonomi dan sosial berjalan dengan baik. Kedua akan melakukan recovery ekonomi dimana Provinsi Kepri pernah mengukir pertumbuhan ekonomi mencapai 8 persen di masa lalu.

“Dimana Batam menjadi lokomotif pertumbuhan, di mana pariwisata dan ekspor menjadi yang terpenting. Dan saat ini terjadi penurunan ekonomi signifikan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan membangun sistem birokrasi yang baik.

“Kita akan berusaha membangun sistem birokrasi yang baik. Kita juga akan memberikan relaksasi-relaksasi sebagai insentif investasi,” ucapnya.

Provinsi Kepri juga akan melakukan hal yang sama dengan pemerintah pusat, dengan memberiksan relaksasi untuk pemulihan ekonomi, mengundang investasi sebanyak-banyaknya.

“Kita juga fokus dalam program UMKM, akan dilakukan intensif bagi pelaku-pelaku usaha,” jelasnya.

Pihaknya juga akan menjaga keutuhan Kepri yang merupakan daerah perbatasan.

Kepri adalah perbatasan untuk itu kita juga konsentrasi dalam menjaga keutuhan. Perkuat intensitas pengamanan laut darat dan udara bersama TNI-Polri agar tetap dapat menjaga keutuhan.

Lalu sebagai Bunda Tanah Melayu akan berpayung pada khasanah Budaya Melayu.

“Kemudian sebagai Bunda Tanah Melayu apa yang kita lakukan semua berpayung pada Khasanah Budaya Melayu, dimana budaya akan menjadi faktor semangat dalam membangun Kepri ke depan,” ujar Ansar Ahmad di depan Presiden dan Wakil Presiden serta sejumlah menteri yang hadir di istana Negara.

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Presiden KH Maruf Amin, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan sejumlah menteri lainnya. Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Selain Gubernur dan wakil Gubernur Kepri, Presiden Jokowi juga melantik dua pasang kepala daerah lainnya yakni Gubernur dan Wagub Sumbar (Mahyeldi-Audi), serta Gubernur dan Wagub Bengkulu (Rohidin-Rosjhonsyah).(*/bala)