Petugas DinsosPM saat mendata para PMSK yang terjaring razia. Foto: Batamlagi.com/ist

BATAM – Para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) banyak bermunculan di simpang jalan, Kota Batam. Mereka kerap dirazia jajaran Dinsos dan Satpol PP Kota Batam.

Kepala Dinsos dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah, Selasa (23/2), mengatakan, pihaknya menggelar operasi rutin untuk menjaga ketertiban Kota Batam terhadap PMKS.

“Operasi rutin terus dilakukan guna menyaring dan menjaga ketertiban kota,” kata Hasyimah.

Dikatakannya juga, belum lama ini, tim penjangkauan dibantu jajaran Satpol PP Kota Batam melakukan penyisiran di Kampung Bule, Lubukbaja, Batam. Pihaknya mengamankan anak-anak saat ngelem di jalanan.

“Dua orang anak diamankan saat ngelem. Satunya lagi pengamen di Sei Harapan, Sei Panas,” kata Hasyimah.

Selanjutnya, mereka didata dan diberi pelatihan UPTD P2PMKS Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam.

“Bagi yang memiliki keluarga akan dikembalikan kepada keluarganya dan diberi surat pernyataan untuk tak kembali lagi ke jalan,” paparnya.

Untuk yang tidak memiliki keluarga akan diberi pembinaan di UPTD Dinsos agar ke depan mereka tidak kembali lagi ke jalan.

“Sejauh ini sudah banyak kita latih mereka yang tidak punya keluarga di Batam. Jadi ilmu yang diberikan bisa dimanfaatkan saat mereka sudah keluar dari UPTD,” imbuhnya.(*/bala)