Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, meminta warga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) harus siap dipasangi stiker khusus. Sebagai penanda si penerima DTKS terdaftar sebagai fakir miskin.

“Disiapkan stikernya, dan warga yang datanya ada di DTKS akan dipasangi stiker di rumahnya. Biar petugas tahu,” kata Amasakar saat menggelar rapat koordinasi program perlindungan dan jaminan sosial, kegiatan pengelolaan data fakir miskin dengan cakupan daerah Kabupaten/Kota tahun 2021 Kota Batam di Aula Engku Hamidah Kantor Walikota Batam, Rabu (17/2).

Amsakar juga menegaskan, agar para pencacah, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Lurah, dan camat se-Kota Batam mendata dengan benar dan tepat sasaran.

“Harus data yang benar, agar kebijakan tak diambil seolah meraba dalam gulita,” katanya.

Amsakar menyatakan, persoalan data fakir miskin harus dituntaskan. Dalam hal ini pencacah menjadi lini terdepan mewujudkan target tersebut. Selain itu, ia berharap koordinasi antara pencacah, TKSK, lurah hingga camat terus dilakukan dengan baik dan benar.

Ia ingin capaian validasi data jelas by name by address. Data yang ada dari pencacah diketahui lurah maupun camat, bukan hanya diketahui pencacah saja.

“Ketepatan validasi data, agar jangan sampai ada kontroversi data di kalangan bawah,” imbuhnya.(bala)