Asap tebal dari arah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Punggur yang terbakar. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM – Lagi, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Punggur, Kota Batam kembali terbakar Selasa (16/2) pukul 14.45 WIB. Diperkirakan penyebab kebakaran dari dampak cuaca panas.

Kanit Reskrim Polsek Nongsa, Iptu Sofyan di lokasi kepada wartawan mengatakan, agar api tidak menyebar, pihaknya mengarahkan para pekerja di kawasan TPA Punggur untuk memotong jalur api dengan beko.

Ia menjelaskan, seperti halnya kebakaran di tanah gambut, apinya berasal dari bawah tumpukan. Sehingga jalan satu-satunya untuk memadamkan api harus memakai beko, mengorek sampah lalu dilakukan pendinginan dan ditimbun pasir.

Sementara itu, para pekerja pemungut sampah di lokasi, tapak menjalankan aktifitasnya. Tidak terpengaruh dengan kepulan asap tebal yang terlihat hingga kiloan meter itu. Dengan alat congkel, para pekerja memilah sampah yang baru datang. Mereka pun seperti terbiasa. Karena kebakaran di tempat tersebut, bukan sekali itu saja terjadi.

Di lokasi ada 4 mobil serta belasan petugas pemadam kebakaran yang berusaha meninakkan si jago merah.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Pemko Batam Unit Telaga Punggur, Osla di lokasi juga mengatakan, terkait penyebab kebakaran ia menduga karena faktor alam.

“Dugaan sementara akibat cuaca panas dan sampah mengandung gas. Tapi akan kita selidiki kami sedang fokus pada pemadaman,” ujar Osla.(bala)