Penerimaan Peserta Didik Baru.

BATAM – Di masa pandemi, sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 masih dilakukan via online. Ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan.

“Iya, PPDB tahun ini masih online sesuai dengan edaran dari Menteri Pendidikan, dan situasi pandemi juga,” ujar Hendri Arulan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Senin (15/2).

Dijelaskan, PPDB tahun 2021 secara online ini dilakukan karena Kota Batam masih belum normal. Sehingga apabila, orang tua datang ke sekolah, dikhawatirkan terjadi kerumunan massa. Karena itu, sehingga menjadi pertimbangan pusat, untuk memberlakukan online.

Dan juga dikhawatirkan menimbulkan klaster baru. Namun, penerimaan PPDB tetap kita selenggarakan seperti tahun lalu.

Selain itu, sistem belajarnya juga direncanakan masih daring, terutama untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Sementara, SMP tergantung sekolahnya masing-masing.

“Kalau SMP tergantung sekolahnya. Bisa tatap muka ataupun bisa online,” imbuhnya.

Sebelumnya, saat pendaftaran PPDB di tahun ajaran 2020 lalu, tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga dilakukan via online. Karena wabah Covid-19 ini tak berkesudahan.(bala)