Tim Macan Unit Reskrim Polsek Sagulung saat menangkap maling handphone. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM – Pencuri handphone yang meresahkan masyarakat dibekuk Tim Macan Unit Reskrim Polsek Sagulung. Pelakunya adalah Monang Pakpahan (38). Kini pria kelahiran Sidempuan itu mendekam di sel tahanan Polsek Sagulung.

Kapolsek Sagulung, AKP Yusriadi Yusuf, Selasa (16/2), mengatakan, penangkapan tersangka bermula dari laporan korban yang diterima pihaknya pada Selasa (22/12/2020) lalu.

Seorang warga yang tinggal di Kavling Bukit Melati Nomor 174, Kecamatan Sagulung mengaku kehilangan 4 ponsel yang diletakkan di ruang tamu, di bawah televisi.

“Tapi ada seseorang yang masuk, saat itulah ponsel sudah tak ada,” ujar Yusuf.

Atas laporan itu, polisi melakukan penyelidikan di lapangan. Sehingga identitas tersangka terdeteksi. Tersangka sempat menjadi buron beberapa bulan.

Pada Senin (15/2) malam, akhirnya tersangka berhasil dibekuk polisi, saat makan di salah satu warung Perumahan Putri Tujuh Batuaji.

Kepada polisi, tersangka sempat tak mengakui perbuatannya. Pria ini tak berkutik saat barang bukti hasil kejahatan diperlihatkan kepadanya.

Saat penyergapan itu, tersangka sempat berusaha kabur, tapi polisi sudah mengantisipasinya. Lalu menggiringnya ke Mapolsek Sagulung untuk dimintai keterangan.

Pelaku juga mengakui target kejahatannya itu adalah anak kos dan rumah yang pintunya terbuka. Tersangka terlebih dahulu melihat situasi. Jika pemilik ponsel lalai, maka akan beraksi cepat. Dalam hitungan menit saja sudah berhasil menggondol HP.

Unit Reskrim Polsek Sagulung terus mendalami kasus ini. Dari pengakuan tersangka kepada polisi, sudah 8 kali mencuri ponsel.

“Sekali mencuri, pelaku bisa menggondol 4 ponsel sekaligus,” ujarnya.(bala)