Suasana perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 secara virtual di sejumlah kota dari Aceh hingga Papua. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM –¬† Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar di Jakarta diikuti secara virtual jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Riau di CGV Grand Mall Batam, Selasa (9/2), bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari dalam sambutannya mengatakan, peringatan HPN 2021 dirayakan dengan sangat istimewa di tengah pandemi Covid-19, dari Banda Aceh hingga Papua. Dalam  momentum ini dibantu teknologi komunikasi secara virtual.

“Selain peringatan HPN 2021, ini merupakan rasa syukur. Karena, momentum ini untuk memperbaharui komitmen pers sebagai mulut, telinga, mata, otak, hati, dan jiwa di tengah kondisi Covid-19 melanda umat manusia khususnya Indonesia,” ucap Atal.

Menurut Atal, saat ini pers dan media juga sedang sakit. Namun, media dituntut oleh tugas kemanusiaan menjadi jembatan informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, dewan pers dan Satgas Penanganan Covid-19 membuat gebrakan, dimana wartawan sudah diterjunkan sebagai ujung tombak Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) agar masyarakat sadar protokol kesehatan.

Hal inilah kabar baiknya. Adapun kabar buruknya krisis ekonomi akibat pandemi mengakibatkan pada industri media juga menurun. Ada media yang terpaksa merumahkan karyawannya. Bahkan, tak sedikit media gulung tikar. Namun ada juga yang menyambung hidup dengan idealismenya. Dengan mengikuti pola hidup beradaptasi dengan krisis ini. Semoga keadaan ini segera berlalu.

Sambung Atal, media dan pers bisa mampu hidup. Pada kesempatan itu ia juga meminta agar di peringatan HPN 2021, pemerintah dapat memberikan insentif ekonomi untuk pers nasional. Sebagaimana yang telah dijanjikan pemerintah dapat segera diwujudkan.

“Oleh karena itu Pak Presiden (Joko Widodo) mohon sangat, intensif ekonomi untuk pers nasional yang telah dijanjikan pemerintah Indonesia dapat segera diwujudkan. Inilah salah satu kesimpulan yang diambil dalam konferensi kerja nasional media massa yang diselenggarakan kemarin,” harap Atal.

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat HPN Nasional 2021. Pers dapat menjadi jembatan informasi dan komunikasi kepada pemerintah dan masyarakat. Untuk menjaga optimisme serta menjaga harapan bangsa.

“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada insan pers. Karena membantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar menerapkan prokes,” ucap Joko Widodo dalam sambutannya.

Ia menambahkan, permasalahan kesehatan dan ekonomi sangat mempengaruhi keadaan saat ini, termasuk Indonesia. Begitu juga, yang dihadapi semua media. Seperti halnya dalam keuangan dan lainnya. Oleh karena itu, pemerintah berusaha meringankan beban industri media. Di mana, PPH 21 di media sudah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung oleh pemerintah pusat.

“Artinya pajak ditanggung pemerintah hingga Juni 2021. Keputusan ini akan dikuti dan dikawal oleh Menteri Keuangan. Inilah salah satu keringanan yang diberikan pemerintah, sehingga dapat membantu media tetap berdiri,” papar Joko Widodo.(bala)