BATAM – Warga Batam yang terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah, namun pasien yang sembuh meningkat. Pada Jumat (5/2) ada 14 warga terpapar Covid-19 dan sembuh 81 orang.

Juga pada hari sebelumnya, Kamis (4/2) ada 10 warga yang terpapar dan sebanyak 232 warga sembuh. Total 5684 kasus, sembuh 5249 orang, meninggal 145 orang, sedang dirawat 290 orang.

Berdasarkan kelompok umur, pasien tertinggi yang terjangkit corona berusia mulai 26 hingga 35 tahun, paling sedikit dari dialami usia 65 tahun keatas. Sedangkan berdasarkan pekerjaan, penderita Covid-19 tertinggi dari kalangan karyawan swasta.

Terpisah, dengan banyaknya warga yang sembuh, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, 2 minggu terakhir, kasus covid-19 di Kota Batam menurun drastis.

“Ia, angka penderita covid-19 di Kota Batam menurun dratis, ini menjadi kabar baik untuk kita semua,” ujar Didi yang juga merupakan Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam.

Didi menerangkan, penurunan tersebut dilihat dari grafik. Sebelumnya, Dinkes Kota Batam selalu mencatat sebanyak 250 hingga 300 kasus Covid-19 dalam seminggu.

“Tapi dua minggu terakhir, angkanya menurun. Grafik menunjukkan 100 kasus covid-19 dalam seminggu, angka tersebut sudah flet, atau kemungkinan besar tidak ada lagi gejolak untuk naik,” ucapnya, belum lama ini.

Menurutnya, ada dua kemungkin yang menyebabkan kasus covid-19 di Kota Batam menurun. Pertama karena masyarakat sadar akan pentingnya menggunakan masker serta mematuhi prokes. Yang kedua, kemungkinan besar masyarakat Kota Batam sudah terimunisasi secara alami.

Meskipun kasus Covid-19 di Kota Batam mengalami penurunan, ia tetap mengimbau masyarakat agar tetap disiplin memakai masker, jaga jarak, mengurangi mobilitas serta rajin cuci tangan.

“Tetaplah waspada dan patuhilah prokes sesuai yang dianjurkan pemerintah, sebab covid-19 ini masih menjadi ancaman,” imbuhnya.(bala)