Ilustrasi tenaga kesehatan. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM – Dari 6.687 orang jumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Batam yang sudah terdata, sudah 2.598 orang atau 39 persen sudah divaksin.

“Nakes kita sudah divaksin sekitar 39 persen. Dalam satu hari kita bisa vaksin hingga ratusan nakes,” ujar Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam saat vaksinasi Covid-19 kedua di Aula Lantai IV Kantor Pemko Batam, Batamcentre, Jumat (29/1).

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam ini juga menjelaskan, beberapa waktu lalu ada kendala keterlambatan vaksinasi Covid-19 kepada para nakes, dikarenakan sistem yang penuh di sejumlah rumah sakit di Batam. Sehingga, pelaksanaan vaksinasi di masing-masing rumah sakit dan puskesmas berjalan cukup lambat.

“Karena krodit jadi jadi mesinnya bermasalah. Jadi didata secara manual,” imbuhnya.

Dari total 6.687 nakes yang terdata itu, sekitar 310 orang dinyatakan tidak dapat divaksin, pasalnya yang bersangkutan adalah penyintas Covid-19, atau yang memiliki penyakit menetap seperti autoimun. Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri.

Sedangkan Nakes yang ditunda 235 orang dan yang belum divaksin sebanyak 3.544 orang.

“Ada juga nakes yang masih ditunda vaksinasinya. Karena pada saat pemeriksaan mungkin ada gejala batuk, demam, tensi tinggi dan lain-lain. Tapi mereka (Nakes) tetap akan kami berikan setelah membaik,”

Menurut Didi, sejak pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi nakes, hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus gejala alergi berat. Gejala umum yang terpantau, paling banyak adalah badan meriang dan nyeri di area suntikan.

“Alhamdulillah, sejauh ini belum ada gejala pasca vaksinasi yang fatal,” paparnya.

Didi menargetkan, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi nakes akan selesai pada 31 Januari 2021. Sementara itu, vaksinasi kedua, sesuai jadwal dari pemerintah pusat dilaksanakan pada pertengahan Februari 2021.

“Jadi, paling molor tanggal 7 Februari 2021 kita sudah vaksinasi seluruh nakes. Kita optimis bisa tercapai,” tutupnya.(*/bala)