Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin. Foto Batamlagi.com/ist

BATAM – Work From Home (WFH) di lingkungan Pemko Batam sudah berakhir sejak tanggal 26 Januari 2021. Sehingga seluruh pegawai sudah masuk kerja seperti biasa.

“Iya, WFH sudah berakhir. Walaupun sudah masuk kerja seperti biasa, protokol kesehatan harus diperketat,” kata Jefridin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Selasa (26/1).

Dikatakan Jefridin, kebijakan ini diambil langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Katanya, ada beberapa hal yang membuat pegawai harus masuk kerja. Salah satunya, tugas awal tahun yang harus segera diselesaikan. Sehingga, semua perencanaan kegiatan berjalan lancar.

Dijelaskan, meskipun ada surat edaran dari pemerintah pusat bahwa WFH pegawai diperpanjang hingga 8 Februari 2021 mendatang. Namun hal itu tidak diberlakukan, karena tugas awal tahun banyak, pihaknya sengaja mempercepat masuk kerja.

“Karena tahun ini tugas banyak. Apalagi, laporan keuangan harus segera diselesaikan, BPK sudah mulai masuk tadi. Rencana pelaksanaan kegiatan 2021 harus diselesaikan, biar duit bisa dibagikan. Termasuk penyelesaian tender,” kata Jefridin.

Keputusan WFH ini berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan dan dengan berbagai pertimbangan. Namun tetap, mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4M).

Selanjutnya, tidak melakukan kegiatan pertemuan dan rapat dalam ruangan tertutup. Dengan jumlah orang yang banyak dan dialihkan dengan menggunakan teknologi informasi (IT).

“Rapat bisa dilakukan dengan zoommeeting, geogle meet, microsoft teams dan lain sebagainya. Untuk menghindari ruangan tertutup,” ujarnya.(bala)