Kapolsek Batuaji, Kompol Jun Chaidir saat menunjukkan barang bukti dan pelaku kasus pencabulan di Mapolsek, Rabu (13/1). Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Tim gabungan Reskrim Polsek Batuaji dan Polresta Barelang akhirnya berhasil membekuk pelaku kasus pencabulan berinisial NPS (39) di Medan. NPS merupakan pendeta di gereja kawasan Tanjunguncang.

Kapolsek Batuaji, Kompol Jun Chaidir saat ekspos di Mapolsek, Rabu (13/1), mengatakan, penangkapan ini bermula dari laporan orang tua korban karena anak gadisnya berinisial MA (16) dinodai pelaku.

“MA merupakan pelayan gereja dan NPS pendeta di sana,” ujar Jun Chaidir.

Dijelaskan, untuk memuluskan aksinya, pelaku membujuk korban. Perbuatan tak senonoh itu dilakukan di rumah pelaku di kawasan Tanjunguncang. Perbuatan terlarang itu terjadi hingga 7 kali.

Usai mendapatkan laporan pada tanggal 20 Oktober 2020, jajarannya langsung melakukan penyelidikan ke lapangan. Namun NSP sudah kabur keluar Kota Batam.

Pelacakan terus dilakukan, pelaku kabur ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Punggur. Dari Tanjungpinang, NPS naik pesawat kabur ke Jakarta.

Lalu melanjutkan perjalanannya ke Bekasi menggunakan bus. Dua hari kemudian, pelaku kabur ke Semarang dan menginap di Bukit Doa.

Selanjutnya kabur ke Cikarang, dan melanjutkan perjalanan naik pesawat ke Jambi. Lalu kabur ke Pekanbaru. Terakhir pelaku kabur ke Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Di Medan, tepatnya pada Jumat (8/1) sore, pelaku berhasil ditangkap polisi di Jalan Terompet, Selayang, Tuntungan. Penangkapan ini juga berkat kerja sama Polda Sumut.

Saat di Mapolsek Batuaji, NPS hanya bisa menundukkan kepala, tanpa memberikan komentar. Dengan tangan diborgol, NPS kembali dimasukkan ke dalam sel tahanan.

NPS dijerat pasal 81 ayat 2 junto pasal 81 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara. Juga diamankan barang bukti baju korban dan kotak jam tangan.

Dikatakan Kapolsek, di Medan pelaku bekerja sebagai kuli bangunan.

“Saat itu pelaku bekerja sebagai kuli bangunan. Di Medan, pelaku ngekos,” paparnya.(bl)