Banjir di wilayah Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Batam memprediksi potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi di wilayah Batam, Kepri hingga Rabu (13/1).

“Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah Perairan Bintan, Perairan Lingga, Perairan Anambas, dan perairan Natuna,” imbau Riza Juniarti, Forecaster On Duty, BMKG Batam.

Terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman mengatakan, pada Minggu (10/1) itu, pihaknya menerima laporan sejumlah pohon tumbang hingga sempat menutup akses jalan utama di Simpang SMPN 4 Batam, Bengkong, Batam.

Setelah mendapat laporan dari masyarakat, Tim Rescue Pemadam langsung turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi.

Sementara itu, di Kampung Melayu, Batubesar, Kecamatan Nongsa, juga dikabarkan ada rumah tertimpa pohon yang tumbang. Tepatnya di pinggir jalan raya Batubesar, tak jauh dari Pasar Hang Tuah.

Sedangkan di sejumlah wilayah di Batam juga dilanda banjir. Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt, mengatakan, jajaran Polda Kepri juga menerjunkan Tim Tanggap Bencana di beberapa wilayah di Kota Batam yang terdampak banjir.

Di antaranya di Perumahan Devely Residence, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Perumahan Citra Mas Indah Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa, Perumahan Kodim Aviari Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji, dan di jalan menuju Bandara depan Perumahan Bida Garden Kelurahan Belian Kecamatan Batamkota.

Tim Tanggap Bencana yang terdiri dari Satuan Brimob Polda Kepri ikut serta membantu mengevakuasi barang-barang warga yang kebanjiran.

“Di lokasi tersebut, tim juga mengimbau warga agar mematikan aliran listrik dan tidak mendekati sungai atau aliran air di sekitar lokasi banjir,” ujar Harry.(bl)