Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt. Foto: ist

KEPRI (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kepri akan membubarkan kegiatan atau masyarakat yang melakukan kerumunan untuk merayakan pesta malam pergantian tahun.

“Kita akan bubarkan, sesuai maklumat Kapolri tidak dijinkan adanya kerumunan perayaan pada malam pergantian tahun,” tegas Kombes Pol Harry Goldenhardt, Kabid Humas Polda Kepri, Selasa (29/12).

Dikatakan Harry, pihaknya akan membubarkan masyarakat yang melakukan kerumunan untuk merayakan pesta malam pergantian tahun. Hal ini sesuai dengan maklumat Kapolri.

Dijelaskan, dalam maklumat Kapolri tersebut berisi tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 yang berisikan, larangan perayaan Natal dan keagamaan di luar tempat ibadah, larangan pesta atau perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan atau karnaval dan larangan menyalakan kembang api.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan menerapkan aturan kepolisian dengan cara proaktif, tegas dan humanis terkait jika ditemukan adanya kerumunan perayaan di malam tahun baru.

“Kita memiliki diskresi, ketika kita melihat adanya kerumunan, pada prinsipnya kita bubarkan. Kita akan gunakan tindakan preventif, jika ada yang melawan kita lakukan tindakan preventif strike,” jelasnya.

Harry menjelaskan, selain masih tingginya tingkat penyebaran Covid-19, saat ini kembali dunia diramaikan dengan kabar adanya virus baru yang lebih berbahaya dari virus Covid-19.

“Seperti kita tahu sekarang sudah ada Covid-19 model baru, dimana dampak penyebarannya lebih dahsyat dari varian sebelumnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Harry menghimbau kepada masyarakat untuk bisa bekerjasama dengan mengikuti aturan terkait Covid-19, salah satunya menjaga jarak tidak berkerumun.

“Mari merayakan dengan hal yang bermanfaat di rumah saja, agar mata rantai penyebaran virus Covid-19 segera berakhir,” ajaknya.(bl)