Ilustrasi ganja kering. Foto: ist

KARIMUN (BATAMLAGI.COM) – Dua orang pria yang terlibat kasus narkoba jenis ganja dibekuk petugas Bea Cukai dan polisi. Keduanya berinisial GO (kurir) dan BL (pemesan), kini mendekam di Mapolres Karimun.

Kepala KPPBC Tanjungbalai Karimun, Agung Mahendra Putra saat merilis kasus tersebut di Mako Polres Karimun, Senin (28/12), mengatakan, tertangkapkan para pelaku bermula dari informasi yang diterima pihaknya, bahwa ada pelaku membawa ganja dari Pekanbaru.

“Pelaku baru turun dari Kapal Roro yang ditumpanginya dari Pekanbaru. Saat itu petugas kita langsung mengamankan pelaku, sesuai informasi yang diterima dari hasil penyelidikan. Setelah diperiksa benar merupakan narkoba jenis daun ganja,” ujar Agung.

Dari tangan GO diamankan ganja seberat 461 gram. Selanjutnya, kata Agung, pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Polres Karimun untuk mengungkap kasus ini lebih mendalam.

Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan yang juga turut hadir dalam rilis tersebut mengatakan, setelah berkordinasi dengan Bea Cukai, pihaknya langsung melakukan pendalaman. Dan berhasil mengamankan 1 pelaku lagi.

“Kita dalami dan hasilnya kita berhasil mengamankan satu pelaku lagi, yakni BL yang merupakan pemesan ganja ini,” terang Adenan. Dari tangan BL, polisi menyita 13 gram ganja kering.

Pengakuan BL kepada polisi, ia mendapatkan barang haram itu dari GO yang dikenalnya. Lalu GO dan BL menyimpan ganja itu untuk dikonsumsi atau diisap sendiri. Namun untuk lebih mendalam pihaknya akan terus memeriksa keduanya.

“Pelaku BL mendapatkan barang dari GO yang dikenalnya. BL yang memesan ganja itu ke GO yang berada di Pekanbaru. GO kemudian membawa langsung barang itu ke Karimun, dan gagal lantaran berhasil diamankan,” tegasnya.(bl)