Petugas melakukan pemeriksaan sesuai prosedur kepada seorang penumpang di Bandara Hang Nadim, Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan aturan terkait protokol kesehatan perjalanan selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Plt Direktur BUBU Hang Nadim dan TIK BP Batam, Benny Syahroni, mengatakan, persiapan pelayanan Rapid Test Antigen dan penambahan kursi sudah dilakukan pihaknya sejak minggu malam. Hal ini guna memberikan pelayanan kepada calon penumpang yang akan berangkat dengan menggunakan transportasi udara, namun belum melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen.

Dijelaskan, persiapan itu juga termasuk dengan penambahan SDM untuk pemeriksaan Rapid Test Antigen yang bekerjasama dengan RSBP Batam dan dukungan Kantor Kesehatan Pelabuhan (Hang Nadim) Batam, dan peningkatan koordinasi pengawasan pengamanan bersama jajaran Avsec Bandara Hang Nadim, Polsek Khusus Bandara, dan Lanud TNI AU Hang Nadim.

Pihaknya meminta agar para calon penumpang dapat berangkat lebih awal ke bandara agar waktu untuk pemeriksaan tercukupi, dan tentunya memberikan kenyamanan bagi calon penumpang itu sendiri.

Benny Syahroni, menambahkan, sebagai gambaran rata-rata waktu yang dibutuhkan pemeriksaan Rapid Test Antigen di Bandara Hang Nadim, yaitu pendaftaran (30 detik – 1 menit), pengisian formulir (4-5 menit) per orang, pembayaran (30 detik-1 menit), dan pemeriksaan membutuhkan waktu 3 hingga 4 menit per orang.

Ia juga berharap para calon penumpang dan semua pengguna jasa bandara dapat menerapkan protokol kesehatan di lingkungan Bandara Hang Nadim, memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Seperti diketahui, Bandara Hang Nadim Batam, mulai Selasa (22/12) menerapkan kewajiban bagi calon penumpang yang akan berangkat agar, membawa surat rapid test antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

Adapun 4 daerah tujuan yang diwajibkan ‘mengantongi’ surat Rapid Test Antigen adalah penumpang tujuan Jakarta, Sumatera Utara, Bali, Pangkal Pinang dan sebagian di daerah Pulau Jawa.(*/bl)