Pemasangan pin kepada Capten Luther Jansen dalam pelantikan sebagai anggota DPRD Kota Batam, Rabu (2/12). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Politikus Partai Gerindra, Capten Luther Jansen resmi menjabat anggota DPRD Kota Batam, Rabu (2/12). Pria yang ikut pemilihan legislatif dari Dapil Sekupang-Belakangpadang itu, resmi dilantik menggantikan Iman Sutiawan yang mencalonkan sebagai Wagub Kepri.

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto pemandu pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Batam melalui Rapat Paripurna.

Dikatakan Nuryanto, pengangkatan Luther Jansen sebagai anggota DPRD Kota Batam tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Pjs Gubernur Kepri Nomor 1325 tahun 2020 tentang peresmian pengangkatan pengganti antar waktu anggota DPRD Kota Batam sisa masa jabatan 2019-2024.

Nuryanto juga mengatakan, sumpah janji pada hakikatnya, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya, memegang teguh pancasila. Selanjutnya, menegakkan UUD 1945 dan menjalankan peraturan perundang-undangan yang mengandung konsekuensi berupa kewajiban dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota DPRD.

Dijelaskan Nuryanto, DPC Partai Gerindra Kota Batam telah menyampaikan surat kepada pimpinan DPRD mengenai usulan pengganti antar waktu anggota DPRD Kota Batam atas nama Iman Sutiawan yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, karena mengundurkan diri untuk mengikuti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri tahun 2020.

Usai pengambilan sumpah, Nuryanto mengatakan, sesuai pasal 112 ayat (1) PP Nomor 12 dinyatakan, anggota DPRD pengganti antar waktu (PAW) menjadi anggota pada alat kelengkapan anggota yang digantikannya.

“Untuk optimalisasi pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD, kiranya saudara Capten Luther Jansen menyesuaikan dengan amanah pasal 120 PP Nomor 12 tahun 2018,” imbuhnya.(bl)