Pjs Walikota Batam, Syamsul Bahrum. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Terkait pembukaan Singapura-Batam melalui Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk keperluan bisnis dan perjalanan dinas. Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menjadwalkan pertemuan bersama Konjen Singapura.

Pjs Walikota Batam, Syamsul Bahrum, Senin (12/10) mengatakan, meskipun belum dibuka untuk umum atau wisatawan dan perjalanan biasa, setidaknya TCA bisa menjadi awal bagi kedua negara.

“Kalau bahasanya Singapura itu Reciprocal Green Lane (RGL). Rencana dibuka 26 Oktober nanti,” ujarnya.

Untuk mematangkan rencana tersebut, ia akan segera menyusun beberapa poin penting menyambut dibukanya pintu masuk Batam-Singapura ini. Karena masih adanya pembatasan kunjungan bagi kedua negara, maka pihaknya harus menyiapkan fasilitas yang akan mereka lalui nanti.

“Kami siapkan pelabuhan mana nanti yang akan mereka lewati. Bisa jadi Nongsapura nanti digunakan,” paparnya.

Dijelaskan juga, pihaknya harus juga menyiapkan hotel yang akan mereka tempati. Nantinya, seperti apa konsepnya, maka akan dibahas, apakah mereka berada dalam satu kawasan tertentu, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan mereka selama berada di Batam.

Ia mempunyai rencana mereka akan ditempatkan di kawasan Nongsa karena fasilitasnya cukup lengkap.

“Jadi bisa jadi mereka berada di situ saja atau ke tempat lain. Namun secara umum Batam sudah siap sebenarnya untuk pembukaan pintu masuk ke dua negara ini,” ucapnya. Dan terkait karantina selama 14 hari, akan dibahas bersama Konjen dan Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin.

Syamsul menambahkan beberapa elemen yang diatur dalam TCA atau RGL yaitu semua pemohon adalah warga negara Indonesia dan Singapura, atau permanent resident yang perlu melakukan perjalanan dinas, urusan diplomatik yang mendesak, dan bisnis essensial.

“Pemohon WNI harus memiliki paspor dari agensi pemerintahan atau perusahaan, wajib mengajukan safe travel pass. WNI tidak wajib mengajukan visa saat ke Singapura, tapi wajib memenuhi syarat sponsor safe travel pass,” pungkasnya.(bl)